5/5 (1) Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksplanasi Singkat Beserta Strukturnya Materi teks eksplanasi lengkap sudah dijelaskan pada artikel sebelumnya, mulai dari pengertian teks eksplanasi hingga struktur teks eksplanasi. Dan pada artikel kali ini budisyaqier.com akan memberikan beberapa contoh teks eksplanasi beserta strukturnya.

Tema yang diangkat pada sebuah teks eksplanasi biasanya berupa bencana atau fenomena alam seperti banjir dan tsunami. Tapi bukan berarti juga tidak ada teks eksplanasi dengan tema budaya dan sosial. Berikut beberapa contoh teks eksplanasi singkat.

Contoh Teks Eksplanasi Banjir

Pernyataan Umum

Banjir adalah fenomena alam berupa naiknya air di suatu daerah sehingga menutupi permukaan daerah tersebut. Banjir juga dapat dinilai sebagai bagian dari siklus hidrologi, yakni bagian air di permukaan bumi yang menuju ke arah laut.

Maka dari itu banyaknya air di permukaan bumi dipengaruhi oleh curah hujan dan juga penyerapan air ke dalam tanah.

Secara alamiah banjir dapat terjadi karena hujan lokal dan propagasi limpasan dari daerah hulu pada satu daerah. Secara non ilmiah banjir disebabkan oleh ulah manusia.

Urutan Sebab Akibat

Banjir alamiah mengalami proses dimulai dari turunnya hujan ke permukaan bumi kemudian tertahan oleh tumbuh-tumbuhan. Lalu masuk ke dalam tanah dan mengalir ke tempat yang lebih rendah sampai menguap dan keluar kembali ke permukaan daratan.

Sementara banjir non alamiah dimulai dari ulah manusia seperti membuang sampah sembarangan. Hal itu menyebabkan tersumbatnya aliran air sehingga air terapung dan seiring waktu menguap sampai keluar mengenai daratan dan menyebabkan banjir.

Interpretasi

Manusia bisa mendapatkan kerugian baik dari banjir alami maupun non alamiah. Manusia bisa terkena bencana banjir jika mereka mendiami tempat tinggal yang secara alamiah adalah dataran banjir.

Jadi jika manusia bertempat tinggal di dataran yang sering terkena banjir, maka bukan banjir yang mendatangi manusia tapi manusialah yang mendatangi banjir.

Contoh Teks Eksplanasi Sosial, Pengangguran

Pernyataan Umum

Pengangguran merupakan fenomena sosial yang berhubungan dengan aspek ketenagakerjaan yang menjadi masalah di masyarakat. Sudah banyak usaha yang dilakukan untuk mengatasi masalah ini, tetapi masih belum teratasi.

Pengangguran tidak hanya terjadi di Indonesia, melainkan juga hampir di semua negara yang ada di dunia.

Badan Pusat Statistik (BPS) mendefinisikan pengangguran sebagai orang-orang yang bekerja kurang dari 1 jam setiap minggu.

Urutan Sebab Akibat

Salah satu faktor yang menyebabkan banyaknya pengangguran adalah kesenjangan antara para pencari kerja dan lowongan pekerjaan. Perubahan struktural dalam bidang ekonomi juga ikut menjadi salah satu penyebab.

Perubahan tersebut menimbulkan kebutuhan tenaga kerja dengan tingkat keterampilan dan kemampuan yang beragam. Dengan begitu para pencari kerja tidak bisa memperoleh pekerjaan karena tidak sesuai. Pengangguran juga dapat disebabkan oleh PHK (Pemutusan Hubungan Kerja) terhadap buruh dan karyawan.

Fenomena sosial ini mengakibatkan berbagai persoalan sosial dan ekonomi. Apabila jumlah pengangguran banyak, maka jumlah gelandangan dan potensi kriminal juga semakin banyak.

Interpretasi

Maka dari itu pengangguran merupakan salah satu masalah yang harus segera diatasi. Beberapa upaya yang bisa dilakukan antara lain memperbaiki kondisi lapangan pekerjaan, memperbaiki komposisi lulusan sarjana dan menyesuaikannya dengan kebutuhan pasar.

Kesadaran masing-masing dalam diri para pencari kerja juga harus muncul. Mereka seharusnya mampu menyesuaikan dengan perkembangan zaman dan teknologi sehingga tahu kemampuan apa saja yang dibutuhkan pasar saat ini.

Sekian beberapa contoh teks eksplanasi singkat beserta strukturnya. Semoga setelah melihat dan membaca contoh di atas, kamu jadi semakin paham dengan materi teks eksplanasi.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: