Contoh Teks Eksemplum Singkat Beserta Strukturnya

Contoh Teks Eksemplum – Teks eksemplum adalah teks yang berisi pengalaman hidup tokoh atau pelaku cerita dan sarat akan makna. Kita sudah mempelajari materi teks eksemplum dan struktur teks eksemplum pada artikel sebelumnya. Di artikel ini Budisyaqier.com hanya akan memberikan beberapa contoh teks eksemplum singkat.

Contoh Teks Eksemplum Jatuh Dari Sepeda Motor

“Jatuh Dari Sepeda Motor”

Orientasi

Saat sedang di SMP dulu, keponakanku bernama Mawar datang ke rumah dan minta diantar ke rumah guru lesnya.

Insiden

Ketika itu sudah mau adzan maghrib. Ibu juga sedikit melarang aku agar tidak langung pergi. Tapi karena melihat Mawar yang seperti buru-buru, aku tetap pergi untuk menemani dan mengantarnya.

Di jalan handphone miliku berbunyi dan itu merupakan tanda ada SMS masuk. Aku pun mencoba mengambil handphone dari saku celana dan membuka SMS yang masuk, aku juga berniat untuk membalas SMS itu. Saat itu aku sedang mengendari motor dengan kecepatan yang cukup tinggi dan dalam keadaan tergesa-gesa. Tiba-tiba dari arah depan ada motor yang ingin putar balik tapi tidak menyalakan lampu sein.

Karena gugup aku tidak bisa mengontrol dan menguasai kecepatan sampai akhirnya menabrak pengendara motor itu. Aku dan Mawar terjatuh terlempar dari motor.

Mawar mengalami luka pada bagian siku dan kaki, sementara aku mendapatkan luka di lutu sebelah kanan dan untungnya tidak ada luka berat. Motor yang aku kendarai pun rusak parah, dan karena kebetulan ada polisi di sekitar jalan itu, mereka langsung mendatangiku untuk menolong dan mengurus kecelakaan ini.

Interpretasi

Dari kejadian itu aku tahu bahwa doa restu dan nasihat orang tua sangat penting.Selain itu aku juga menjadi paham akan kehati-hatian dan ketertiban dalam berkendara. Keadaan sepeda motor dan kelengkapan serta surat-surat penting seperti STNK dan SIM juga harus diperhatikan. Dan ketika sedang mengendari kendaraan sebaiknya jangan memegang handphone, jika memang dalam keadaan mendesak maka baiknya berhenti sejenak di pinggir jalan untuk membuka handphone.

Sejak kejadian itu menimpaku, aku semakin berhati-hati dalam mengendarai kendaraan. Selain itu aku juga semakin memperhatikan peraturan lalu lintas dan mematuhi kata-kata orang tua. Karena ridha Allah adalah ridha orang tua juga.

Contoh Teks Eksemplum Tentang Sahabat

“Indahnya Persahabatan”

Orientasi

Budi adalah seorang siswa SD yang setiap harinya menjual kue-kue demi mengumpulkan uang untuk membayar biaya sekolahnya. Hal ini terjadi karena keadaan ekonomi orang tuanya yang tidak mampu. Suatu hari tanggal 1 bulan Mei, tiba-tiba Budi tidak masuk sekolah

Insiden

Sudah hampir satu minggu Budi tidak masuk sekolah. Semua teman-teman kelasnya akhirnya memutuskan untuk menjenguknya. Setiba di rumah Budi , teman-teman kelas Budi mendapatkan kabar bahwa sekarang Budi berjualan kue di terminal. Budi berjualan tidak lain hanya untuk membayar SPP sekolah di bulan April yang masih belum ia bayar.

Uang Budi yang terkumpul selama ini ternyata belum cukup untuk membayarnya. Mengetahui hal itu, teman-temannya semua mendatangi Budi di Terminal. Mereka semua mencari-cari keberadaan Budi dan setelah bertemu, mereka membeli semua kue Budi . Teman-temannya itu melakukan hal tersebut selama 3 hari berturut-turut tanpa berhenti.

Hingga akhirnya Budi mendapatkan uang yang cukup untuk membayar biaya sekolahnya. Dan sekarang ia bisa melanjutkan sekolahnya.

Interpretasi

Berdasarkan cerita Budi diatas, dapat kita ambil kesimpulan bahwa persahabatan adalah sebuah hal yang indah. Dengan persahabatan kita bisa saling membantu satu sama lain tanpa pamrih.

Itulah 2 contoh teks eksemplum singkat beserta strukturnya. Kedua contoh di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi dalam membuat teks eksemplum.

Share This

Thank you for your vote!
Post rating: 0 from 5 (according 0 votes)
What's your reaction?
0Smile0Lol0Wow0Love0Sad0Angry
%d blogger menyukai ini: