Contoh Teks Drama Singkat Berbagai Tema

Contoh Teks Drama – Teks drama adalah teks cerita yang dipertunjukkan atau dipentaskan di atas panggung teater. Materi tentang struktur teks drama dan unsur-unsur teks drama sudah dipelajari pada artikel lain. Pada artikel ini Budisyaqier.com akan memberikan beberapa contoh teks drama 6 orang dan dengan berbagai tema.

Contoh Teks Drama Singkat

“Pilihan Ayah”

Tokoh :

  • Ayah
  • Ibu
  • Nenek
  • Ari

Sinopsis

Ari sudah memasuki kelas 3 SMA dan sebentar lagi akan melanjutkan kuliah. Suatu sore, Ari berbincang-bincang dengan ayah, ibu, dan neneknya di ruang tamu. Mereka menanyakan keputusan Ari untuk memilih jurusan kuliah. Baik sang ayah dan ibu Ari ternyata memiliki pilihan jurusan masing-masing dan tak mau memperhatikan keinginan Ari pribadi.

Dialog

Ayah : “Jadi, sudah kamu pikirkan masak-masak kamu mau melanjutkan kuliah di jurusan apa?”
Ari : “Sudah yah.”
Ibu : “Jadi, kamu mau kuliah jurusan apa nak? (datang ke ruang tamu sambil menghidangkan teh untuk ayah dan nenek Ari).”
Ari : “Ari inginnya kuliah jurusan seni.”
Ayah : “Apa? Kamu ingin kuliah seni? Mau jadi apa nanti kamu setelah lulus kuliah?”
Ibu : “Iya, kamu mau kerja apa setelah lulus nanti? Kuliah itu jangan cuma cari senangnya saja. Perhatikan juga masa depan kamu nantinya.”
Nenek : “Kenapa kok Ari ingin kuliah jurusan seni?”
Ari : “Ari ingin mengembangkan bakat Ari jadi pelukis nek.”
Ibu : “Itu kan bisa kamu lakukan tanpa harus kuliah. Kamu bisa sering melukis sambil kuliah jurusan yang lain (menampakkkan wajah kesal).”
Ayah : “Benar kata ibu kamu. Dengarkan itu Ari! Ayah tak mau membiayai kuliah kamu jika kamu memilih jurusan seni. Ayah maunya kamu kuliah jurusan ekonomi.”
Ari : “Tapi yah?”
Ibu : (memotong kata-kata Ari) “Sudah, Ibu juga maunya kamu nanti setelah kuliah bisa bekerja di kantor. Lihat sekarang ini, mana ada pelukis yang hidupnya sejahtera?”
Nenek : “Ayah dan Ibu kamu memang ada benarnya Ari. Pikirkan lagi masak-masak. Jangan sampai kamu menyesal. Soal bakat, kamu bisa mengasahnya di luar jurusan kuliah.”
Ayah : “Nah, itu dia. Nanti kan kamu bisa ikut kegiatan kampus yang bertema seni.”
Ari : “Baik ayah, akan Ari pikirkan lagi nanti (menunduk lesu sambil merenung).”

sumber: https://sahabatnesia.com/contoh-teks-drama/

Contoh Teks Drama singkat 6 Orang

“Persahabatan”

Siang itu pada jam istirahat di sekolah, Anas, Fikri, Daffa, Raffi dan Bagus sedang makan siang bersama di kantin.

Fikri : “Eh kalian tau ngga sih kenapa si Valent ngga masuk sekolah? Udah 3 hari lho.”

Anas : “Terakhir sih pas gua main ke rumahnya, dia cuma lagi termenung sambil duduk di teras. Pas gua tanya ada apa dan kenapa belakangan ini ga masuk sekolah, dia cuma jawab ga apa-apa dan kesiangan.”

Daffa : “Hmm, ga mungkin juga sih si Valent kesiangan terus. Dia kan anaknya rajin sholat Subuh. Apa jangan-jangan dia lagi ada masalah dan ga cerita sama kita ya?”

Raffi : “Oh iya gua inget. 3 hari yang lalu pas hari pertama Valent ga masuk sekolah, ibu gua liat dia di pasar lagi jualan.”

Bagus : “Ah mending nanti sore kita samperin aja yuk ke rumahnya.”

Akhirnya sore itu, Anas, Fikri, Daffa, Raffi dan Bagus sepakat untuk berkumpul dan berangkat bersama-sama menuju rumah Valent. Setibanya di sana mereka menemukan Valent yang sedang merapikan barang dagangan bersama ibunya.

Valent : “Eh kenapa nih dateng rame-rame gini, sok duduk dulu.”

Fikri : “Kita cuma pengen mastiin aja kalo ga ada apa-apa. Soalnya kita curiga masa temen kita yang paling rajin ngga masuk sekolah 3 hari berturut-turut.”

Anas : “Sok coba cerita aja, Lent. Ada apa sebenernya?”

Valent : “Oh begitu. Maaf teman-teman. Gua ga mau cerita karena malu dan ga mau nyusahin kalian. Jadi gua bantu-bantu ibu gua di pasar buat meringankan biaya SPP sekolah gua, karena gua terancam ga bisa ikut ujian kalau ga bayar SPP. Gua juga kasian ngeliat ibut gua kerja sendirian.”

Daffa : “Ya udah, gimana kalau besok sore kita bantuin Valent jualan?”

Raffi : “Ide bagus!”

Bagus : “Ibu gua juga sering kan beli ikan sama sayur di ibu lu. Nanti dagangannya ibu gua tawarin ya ke temen-temen arisannya.”

Valent : “Makasih ya teman-teman, kalian emang sahabat terbaik gua.”

Itulah 2 contoh teks drama singkat yang semoga bisa membantu kamu dalam membuat dan menyusun sebuah teks drama sendiri.