Contoh Teks Cerita Fiksi Singkat

Contoh Teks Cerita Fiksi – Teks cerita fiksi adalah teks yang berisi cerita tidak nyata hasil dari pemikiran dan imajinasi pengarangnya. Materi tentang pengertian teks cerita fiksi hingga struktur teks cerita fiksi sudah dibahas sebelumnya. Pada kesempatan kali ini budisyaqier.com hanya akan memberikan beberapa contoh teks cerita fiksi.

Contoh Teks Cerita Fiksi Tentang Persahabatan

“Indahnya Sebuah Persahabatan”

Ahmad mempunyai seorang sahabat yang setia menemani dan memberi motivasi ketika duka dalam hidupnya. Dan tidak jauh dari rumahnya Arya sahabat setia Ahmad yang tinggal beda RT. Namun belakangan ini Arya tidak berkunjung ke rumah Ahmad.

“Arya kemana ya buk, biasanya dia main kesini. Namun akhir-akhir ini tidak kesini” kata Ahmad.

Ahmad pun mengunjungi rumah Arya dan sampai 5 kali mengetuk pintu tidak ada yang membuka pintunya. Lalu ia memberanikan diri bertanya pada tetangganya tentang keberadaan Arya.

Ternyata Arya telah pindah rumah ke desa karena orang tuanya yang terkena PHK. akhirnya keluarga Arya memutuskan untuk kembali ke desa sebagai petani.

Dan Ahmad pun tampak sedih karena kepergian Arya ke desa kembali. Ia sering melamun dan memikirkan sahabatnya yang di desa (Ahmad).

“Aku ingin bertemu dengan arya ayah” kata Ahmad dengan nada agak mendesak. “Oke kalau itu membuat kamu senang, kamu harus cari alamat desa Arya ya”. Berkat pemilik rumah kontrakan ahmad mendapatkan alamatnya Arya.

Lanjut hari keluarga Ahmad mendatangi rumah Arya yang berada ada di desa terpencil dan bisa berjalan kaki beberapa kilometer saja. Kedatangan Ahmad disambut oleh Arya dan keluarganya.

Arya meminta maaf kepada Ahmad karena tidak sempat bilang dan memberi kabar kepadanya.

Ayah Ahmad berkata bahwa tujuannya ke desa ialah mengajak Arya ke kota dan tinggal bersama keluarga Ahmad. dan orang tua Arya sudah menanggung semua biaya pendidikannya di kota.

“Namun semua itu terserah kamu sendiri Arya” kata ayahnya.

Baiklah jika ayah Ahmad dan Ahmad menghendaki saya untuk ikut. Saya mau, saya juga mengucapkan banyak terima kasih atas kebaikan keluarga bapak.

Kemudian Ahmad bangkit dari tempat duduknya dan memeluk Arya. Tampaknya Ahmad bahagia dan tidak kuat menahan kebahagian. Kini Arya tinggal bersama keluarga Ahmad di kota. Sedangkan keluarganya tinggal di desa bersama nenek Arya yang semakin tua.

Contoh Teks Cerita Fiksi Tentang Pendidikan

“Perjuangan Mempertahankan Peringkat”

Namaku Yanuar, aku adalah seorang siswa sekaligus santri laki-laki yang berusia 17 tahun. Waktu itu aku masih duduk di bangku kelas XI semester 3. Dan hari ini waktu untuk pengambilan raport akhir semester gasal beberapa minggu yang lalu.

Aku mengambil raport sendiri karena orang tua sangat sibuk untuk mencari nafkah.. Karena aku di pesantren waktu itu juga aku pulang setelah mengambil raport.

Setelah mengambil raport aku seketika membukanya namun hasil belajar selama 6 belakang lumayan yaitu dengan rata-rata 7,3. Namun hal itu belum cukup untukku.

Aku berjanji setelah liburan akan lebih giat dan tekun untuk belajarnya. dan tidak terasa waktu liburan hampir habis. Dan waktunya untuk kembali meningkatkan prestasi belajar.

Ternyata waktu cepat berlalu dan buktinya sudah akhir semester genap dan tepatnya kenaikan kelas. Setelah ujian semester saatnya kini mengetahui hasil yang telah ku perjuangkan selama 6 bulan.

Aku pun langsung mengambil raportnya dan guru wali kelas saya memberikan bingkisan dan saya agak kebingungan. Dan setelah saya buka raport ternyata nilai saya meningkat walaupun masih di 3 besar.

Aku percaya bahwasanya usaha yang bersungguh-sungguh tidak akan menghianati hasil.

sumber: udfauzi.com/contoh-cerita-fiksi/

Itulah 2 contoh teks cerita fiksi singkat yang bisa kamu jadikan referensi.