5/5 (1) 3 Contoh Teks Berita Singkat Berbagai Tema

Contoh Teks Berita – Teks berita merupakan salah satu dari sekian banyak jenis teks dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia yang sering sekali muncul dalam kehidupan sehari-hari. Kita telah mempelajari struktur teks berita dan cara membuat teks berita sebelumnya. Sekarang pada artikel ini budisyaqier.com akan memberikan 3 contoh teks berita singkat sebagai referensi.

Teks berita bisa dengan mudah ditemukan pada koran. Di dalam koran terdapat banyak sekali berita dengan berbagai topik dan tema. Selain ditulis pada media tertulis, teks berita juga bisa kamu temukan dalam bentuk media elektronik. Kamu bisa mencari beragam macam berita di situs-situs media massa yang ada di internet. Berikut beberapa contoh teks berita singkat.

Contoh Teks Berita Tentang Banjir

Hujan Tak Kunjung Berhenti, Jakarta Terendam Banjir Lagi

Cuaca ekstrim yang sedang mengancam Indonesia saat ini memberikan dampak yang sangat signifikan, terutama bagi Ibukota Jakarta. Jakarta kembali terendam banjir setelah hujan deras menimpanya kurang lebih selama 3 hari ke belakang. Total ada 5 kecamatan di Jakarta yang terendam dan sebanyak 250 keluarga harus mengungsi di tempat yang disediakan pemerintah.

Ratusan keluarga mengalami kerugian yang sangat besar, mulai dari kerusakan tempat tinggal, kehilangan tempat tinggal bahkan luka-luka dan ada juga yang meninggal. Saat ini pemerintah masih terus mengupayakan apa yang bisa mereka lakukan dengan memberikan bantuan berupa tempat pengungsian, air bersih, makanan, minuman dan obat-obatan.

Sebenarnya banjir merupakan hal yang wajar bagi masyarakat Jakarta. Hampir tiap tahun Jakarta selalu terendam banjir, terutama jika musim penghujan tiba. Tapi, banyak masyarakat yang berpendapat bahwa banjir kali ini seharusnya bisa dicegah oleh pemerintah daerah.

Contoh Teks Berita Singkat Tentang Pendidikan

Soal Bocor, Haruskah UN Tahun Ini Diulang?

Laporan tentang terjadinya kebocoran soal ujian tingkat SMP tahun 2015 ini merupakan salah satu berita besar di bidang pendidikan. Walaupun begitu, Menteri Pendidikan telah memberikan pernyataan bahwa pelaku sudah diselidiki dan akan dihukum sesuai dengan pasal yang berlaku.

Ditemukan sebanyak 30 buklet soal dari 11.730 yang diunggah ke internet secara ilegal. Hasil tersebut berasal dari verifikasi yang telah dilakukan oleh Pusat Penilaian Pendidikan Balitbang Kemdikbud atau PUSPENDIK,

Menteri Pendidikan segera berkoordinasi dengan Menteri Komunikasi dan Informasi sesaat setelah menerima laporan tersebut. Isi koordinasi tersebut untuk memblokir tautan-tautan dengan isi konten ilegal terkait soal UN yang ada di Google. Pihak Google juga turut bekerjasama untuk mengupayakan pemblokiran konten tersebut.

Oknum dari pihak percetakan negara yang sudah ditunjuk diduga sebagai pelakunya. Penggledahan secara internal dilakukan oleh pihak terkait untuk mencari tahu siapa yang ada di balik peristiwa ini.

Menteri Pendidikan masih mempertimbangkan apakah pelaksanaan Ujian Nasional harus diulang atau tidak terkait kasus kebocoran ini. Tetapi kemungkinan besarnya adalah ujian tidak akan diulang, mengingat besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk pelaksanaannya.

Contoh Teks Berita Tentang Politik

Persaingan Pencalonan Guberner DKI Jakarta Semakin Menarik

Sebentar lagi, ibukota Indonesia Jakarta akan kembali memilih wakil rakyatnya, yaitu Gubernur baru. Karena masa bakti Gubernur sebelumnya akan segera habis.

Beberapa kandidat dari berbagai partai politik dan independen akan mengisi tempat pencalonan Gubernur Jakarta tahun ini. Hal tersebut membuat pencalonan dan pemilihan Gubernur tahun ini menjadi lebih panas. Salah satu calon Gubernur diantaranya adalah Basuki Tjahaja Purnama atau yang lebih akrab disapa Ahok.

Selain pak Ahok, ada juga Anies Baswedan yang menjabat sebagai Menteri Pendidikan sebelumnya. Kandidat lainnya adalah Agus Harimurti Yudhoyono yang mengabdi sebagai seorang TNI sebelumnya.

Persaingan di antara ketiga calon tersebut dipastikan akan berjalan sangat sengit karena semuanya datang dari golongan orang penuh prestasi. Perang visi misi dan gagasan juga sudah mulai bertebaran di media sosial. Dapat dipastikan, pesta demokrasi untuk periode 2017-2022 ini akan berjalan seru dan menarik.

Sekian beberapa contoh teks berita singkat. Contoh-contoh di atas bisa kamu jadikan sebagai referensi untuk membuat teks berita.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: