Contoh Resensi Novel, Buku Fiksi dan Buku Non Fiksi

Contoh Resensi – Dilansir dari situs KBBI, resensi adalah pertimbangan atau pembicaraan buku; ulasan buku. Namun, resensi tidak hanya terbatas pada buku saja, ada juga resensi yang mengulas novel dan film. Materi tentang pengertian resensi, tujuan, unsur, jenis-jenis dan manfaatnya sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Di artikel ini Budisyaqier.com akan memberikan beberapa contoh resensi novel, buku fiksi dan non fiksi.

Berbeda dengan teks deskripsi yang hanya menjelaskan dan mendeskripsikan sesuatu, resensi mengulas dan memberi penilaian terhadap sebuah karya. Berikut contoh-contoh teks resensi.

Contoh Resensi Novel

“Dilan”

Identitas Buku

  • Judul Buku : Dilan 1990
  • Tahun Terbit : 2015
  • Penulis : Pidi Baiq
  • Penerbit : Pastel Books
  • Jumlah halaman : 332 halaman
  • Nomor Edisi : ISBN 978-602-7870-41-3

Sinopsis

Novel ini diangkat dari kisah cinta masa SMA. 2 tokoh utamanya adalah Dilan dan Milea. Dilan adalah sosok laki-laki berkepribadian cukup aneh, ia sering berulah dan nakal, ia juga merupakan ketua sebuah geng motor, namun ia selalu mendapatkan peringkat pertama di kelasnya. Hal terebut yang membuatnya kian menarik di mata Milea.

Kelebihan

Penulis sukses membuat pembaca terbawa perasaan dengan ceritanya. Bahasa yang digunakan juga ringan dan mudah dimengerti. Kisah ceritanya diangkat dari kenyataan sehingga membuat pembaca sangat pensaaran apakah ada sosok Dilan dan Milea di kehidupan nyata.

Kekurangan

Bagian akhir novel Dilan dinilai masih menggantung dan tidak diberikan titik jelas sehingga pembaca menjadi penasaran. Selain itu masih banyak kisah dan konflik yang belum terselesaikan.

Contoh Resensi Buku Fiksi

“Dear Nathan”

Identitas Buku

  • Judul Buku: Dear Nathan.
  • Pengarang: Erisca Febrianti.
  • Penerbit: Best Media.
  • Tahun Terbit : Maret 2016.
  • Jumlah Halaman: 528 Halaman

Sinopsis

Dear Nathan merupakan sebuah novel bergenre roman yang menceritakan kisah pada saat masa putih abu. Novel ini menceritakan 2 tokoh dengan kepribadian yang sangat berbeda bagai bumi dan langit. Kisah ini menceritakan gadis lugu bernama Salma yang tidak ingin membuat kesalahan dan lelaki pembuat onar bernama Nathan. Keduanya memiliki perasaan yang sama tapi tidak saling mengutarakan.

Kelebihan

Novel Dear Nathan mempunyai kisah cerita anak muda di masa putih-abu yang sangat epic. Ceritanya mampu membawa pembaca terasa ikut bermain di dalamnya. Karakter Nathan susah ditebak, dibalik tipikal lelaki nakalnya, ternyata ia tidak suka menyakiti hati seorang perempuan.

Kekurangan

Terdapat banyak penggunaan diksi yang tidak sesuai di dalam novel. Pembaca seringkali menemukan hal tersebut pada saat membacanya. Selain itu pembaca merasa penggunaan kata ganti “saya” tidak cocok dengan karakter Nathan yang sebenarnya bad boy.

Contoh Resensi Buku Non Fiksi

“Pengantar Filsafat Pendidikan”

Identitas Buku

  • Judul Buku : Pengantar Filsafat Pendidikan.
  • Penulis Buku : Drs. Uyoh Sadulloh, M.pd.
  • Penerbit Buku : Alfabeta, CV.
  • Cetakan : II.
  • Tebal Buku : 183 halaman.
  • Tahun Terbit : 2004.

Sinopsis

Pendidikan dilakukan oleh manusia tidka lain mencakup semua pemikiran dan pengalaman manusia tentang makna dari pendidikan itu sendiri.

Pendidikan merupakan suatu praktek dalam kehidupan, sama halnya dengan kegiatan lain seperti kegiatan hukum, ekonomi, agama dan lain sebagainya.

Sebagai manusia kita juga dapat mempelajari pendidikan dengan cara akademik. Baik itu bersumber dari pengalaman seseorang maupun dengan jalan-jalan lainnya.

Yang pertama disebut sebagai praktek pendidikan, sedangkan yang kedua disebut sebagai teori pendidikan.

Kelebihan

Pada dasarnya pendidikan tidak bisa dipisahkan dengan nilai. Buku ini mampu menyampaikan informasi tentang sumber nilai dan cara bagaimana manusia bisa memperolehnya.

Kekurangan

Buku ditulis dengan bahasan yang berat dan kurang bisa menyampaikan maksud pengarang kepada pembaca pemula. Oleh karena itu pesan yang ingin diutarakan seringkali tidak dapat tersampaikan kepada pembaca.

Demikian beberapa contoh resensi baik contoh resensi novel, contoh reseni buku fiksi dan contoh resensi buku non fiksi. Kamu bisa menjadikannya sebagai referensi dalam membuat sebuah resensi.

Share This

Thank you for your vote!
Post rating: 0 from 5 (according 0 votes)
What's your reaction?
0Smile0Lol0Wow0Love0Sad0Angry
%d blogger menyukai ini: