5/5 (4) Contoh dan Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik

Contoh dan Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas Contoh dan Kolaborasi Seni Dalam Permainan Musik. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Kolaborasi Seni Dalam Musik

Kolaborasi seni dalam permainan musik adalah cara memainkan musik dengan mencampurkan beberapa alat musik seni dalam satu penampilan sehingga menimbulkan perpaduan suara kolaborasi yang indah. Contohnya musik keroncong sebagai musik teater (opera stambul, musik film, lawak/dagelan, parodi, dan lainnya), baik yang bersifat tradisional sampai modern. Demikian juga kolaborasi antara musik keroncong dengan sesama seni musik seperti: gamelan, jazz, dangdut, rock, hi¬p ho¬p, regae, dan lain-lain. Kolaborasi juga telah dilakukan antara musik keroncong dengan: tari, pedalangan , bahkan seni rupa.

Eksplorasi Musik

Eksplorasi Musik adalah segala kegiatan yang dilakukan untuk menyelidiki suatu musik agar mendapatkan sesuatu yang lebih teliti. Tujuan Eksplorasi Musik : untuk mengetahui, menemukan dan mengidentifikasi musik serta agar dapat menerima hasil yang diharapkan.

Baca Juga : Gerak Dasar Tari Beserta Penjelasannya

Gerak Dalam Permainan Musik

Gerakan tubuh yang dilakukan musisi atau pemusik dalam pentas seringkali dilakukan seseorang ketika dirinya tampil dalam suatu acara yang diiringi dengan permainan musik yang cukup menggugah. Biasanya, acara-acara seperti itu mengangkat dan menggunakan tema tertentu yang diusung dalam sebuah pentas. Namun, apa pun tema acara yang diusung tersebut, peserta yang hadir dalam acara tersebut yang turut serta dalam acara tersebut akan melibatkan gerakan-gerakan yang ditimbulkan dari alunan musik tertentu yang dapat dipandang sebagai simbol dalam musik. Bagi para penonton atau para penikmat musik, gerakan-gerakan itu seringkali dihubungkan dengan nilai-nilai estetik dalam masyarakat sekitar, dan biasanya gerakan tersebut diambil dari mana peserta tersebut berasal.

Kolaborasi Seni Dalam Musik

Kolaborasi seni dalam permainan musik adalah bermain secara bersama-sama atau perpaduan alat musik, genre musik/ jenis musik/aliran musik secara harmonis (menyambung). Contoh musik modern di kolaborasikan dengan musik tradisional atau penyanyi berkolaborasi dengan pianis.

 

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: