5/5 (1) Belajar Mengenal Huruf Hijaiyah

Tabel huruf hijaiyah arab dan latin

Jumlahnya huruf hijaiyah itu ada 29, dengan 2 huruf penambahan yakni Lam Alif (لا) serta Tâ Marbûthoh (ة). Berikut ini ialah tabel huruf hijaiyah plus langkah membacanya dengan tulisan latin. Tetapi pasti untuk langkah bacanya sendiri jangan pernah dibaca bulat-bulat huruf latinnya.

No.Huruf HijaiyahCara MembacaMembaca secara LatinTransliterasi Latin
1اأَلِفْAlifA, I, U
2ببَاB
3تتَاT
4ثثَاTsâTS
5ججِيمْJîmJ
6ححَاH
7خخَاKhôKH
8ددَالْDâlD
9ذذَالْDzâlDZ
10ررَاR
11*ززَايْ ، زَيّ ، زَاZây, Zayy, atau ZâZ
12سسِينْSînS
13ششِينْSyînSY
14صصَادْShôdSH
15ضضَادْDhôdDH
16ططَاThôTH
17ظظَاZhôZH
18ععَيْنْ`Aîn`A, `I, `U
19غغَيْنْGhoînGH
20ففَاF
21ققَافْQôfQ
22ككَافْKâfK
23للامْLâmL
24ممِيمْMîmM
25ننُونْNûnN
26هـهَاH
27ووَاوْWâwW
28ييَاY
29ءهَمْزَةٌHamzah
30*لالامْ أَلِفْLâm Alif
31*ةتَا مَرْبُوطَةٌTâ MarbûthohH atau T

Catatan :
1.Susunan atau urutan huruf hijaiyah dalam tabel di atas disesuaikan dengan yang tertulis dalam kamus besar bahasa Arab.
2. Adapun terkait transliterasi huruf hijaiyah ke huruf latin sampai saat ini masih belum ada patokan secara universal. Masing-masing negara punya standar sendiri dalam konversi hijaiyah ke huruf latin ini.
3. Dan yang tertulis di atas adalah disesuaikan dengan apa yang tertera dalam kamus besar bahasa Indonesia (KBBI), kecuali huruf tertentu seperti Thô (ط ), Dhôd (ض ), Shôd (ص ), Hâ (ح ), Zhô (ظ) dan Hâ (هـ ).

Seperti disebutkan di atas, huruf hijaiyah sejumlah keseluruhan 29 huruf dengan penambahan dua huruf yakni Lam Alif serta Ta Marbuthoh, hingga totalnya jadi 31. Lam alif sendiri bila diuraikan bisa menjadi Lam serta Alif. Untuk Ta marbuthoh sendiri, bisa di lafalkan dengan Ha, bila berharakat sukun. Tetapi jika dalam situasi harakat hidup serta bukan akhir ayat, jadi dibaca dengan bunyi huruf Ta.

Huruf hijaiyah bersambung

Mengenai berikut ini ialah bentuk pengaplikasian huruf hijaiyah lewat cara disambung pada huruf satu serta huruf yang lain.Huruf bentuk tunggal bisa jadi jadi mempunyai bentuk yang berlainan bila diaplikasikan pada huruf hijaiyah bersambung. Untuk lebih mengerti, silahkan lihat tabel berikut ini.

Huruf  AsliDi awalContohDi tengahContohDi akhirContoh
اا……اَلْحَـمْدُ…..ــا……يَشَاءُ…ـــااَنَا
ببـ……بـــِــسْمِ….ــــبـــ…نَـعْبُدُ….ـــــباَلْغَيْبُ
تتـ……تَـرْمِيْهِمْ….ــتــ…..نَـسْتَعِـيـْنُ….ـــــتاَلْبَيْتُ
ثثــ…..ثَـوْبٌ…..ــــثــــ….مَـثَلُهُمْ…ــــــثحَـدِيْثُ
ججـ…جَسَـدٌ…جـ…يَـسْجُـدُ…ــجثَـلْـجٌ
ححـ…حَسَـدٌ…ــحـ…يَـحْسُدُ…ــحاَلْمَسِيْحُ
خخـ…خَشِيَ…ــخـ…يَـخْشَى…ــخنَنْسَخْ
دد…دُكَتْ…ــد….فَقَدَرَ….ــدمَسَـدٌ
ذذ…ذَهَبَ…ــذ…يَذْهَبُ…ــذيَــوْمَـئِـذٍ
رر…رَضِـيَ…ــر…يَـرْضَى…ــرتَـنْهَرُ
زز…زَمَنٌ…ـــز…مِيْـزَانٌ…ــزنُعْجِزُ
سسـ…سَأَلَ…ــســ…يَسْأَلُ…ــسلَيْسَ
ششـ…شَجَرَةٌ…ــشــ…يَشْهَدُ…ــشإِخْشَ
صصــ…صَدَرَ…ــصــ…يَصْدُرُ…ــصيُـخْلِصُ
ضضــ…ضَحِكَ…ــضــ…يَضْحَكُ…ــضبَعْضُ
ططــ…طَبَـقٌ…ــطــ…يَـنْـطِـقُ…ــطسَلَطَ
ظظــ…ظَهَرَ…ــظــ…يَظْهَرُ…ــظغَلَظَ
ععــ…عَـيْـنٌ…ــعــ…يَــنْعِقُ…ــعمَنَـعَ
غغــ…غَضِبَ…ــغــ…يَـغْضَبُ…ـــغبَلَغَ
ففــ…فِيْهَا…ــفــ…يَـفْـقَـهُ…ــفيثوْسُفُ
ققــ…قَرِيْبٌ…ــقــ…يَـقْرَأُ…ــقخَلَـقَ
ككــ…كَتَبَ…ــكـ…يَكْتُبُ…ــكمَلَكَ
للـ…لَـهَبٍ…ــلــ…يَلْعَبُ…ــلعَسَلٌ
ممــ…مَسْجِدٌ…ــمــ…يَـمْكُثُ…ــمالرَحِيْمُ
ننــ…نَعْقِلُ…ــنــ…جَهَنَمُ…ــنالرَحْـمَنُ
وو…وَصَلَ…ــو…فَسَوْفَ…ــوعَجِبُوْ
هـهــ…هَــذَا…ــهـ…يَهْدِى…ــهمَالَهُ
لالا…لاَعَـنَ…ــلا…يُلاَعِــنُ…ــلاطِفْلاً
ءء…ءَ أَنْتَ…ء…يَسْتَهْـزِءُوْنَ…ءيَشَاءُ
ييـ…يَغْفِـرَ…ــيـ…شَيْئًا…ــييَسْتَحْيِ

Catatan : Tabel Huruf Hijaiyah bersambung
Untuk huruf dengan tanda strip (-) dibagian awal atau akhir, itu berarti huruf hijaiyah itu dapat disambung dengan huruf yang lain. Serta sebaliknya buat huruf yang tercetak titik-titik (…) mengisyaratkan tidak bisa dikombinasi atau disambungkan dengan huruf hijaiyah yang lain. Seperti huruf

cara membaca huruf hijaiyah

Seperti kita ketahui, huruf arab hijaiyah ialah huruf pembentuk/penyusun kitab suci Al-Quran. Tetapi walalupun ditulis dengan huruf arab, Al-Quran di turunkan tidak cuma untuk orang Arab semata-mata, tetapi untuk semua umat islam di dunia.
Oleh karena itu, menjadi muslim yang baik kita mesti pelajari bagaimana triknya membaca Al-Quran supaya bisa memahami isi kandungannya. Serta pasti untuk dapat membacanya, kita mesti terlebih dulu mengetahui huruf hijaiyah menjadi huruf penyusunnya.
Di Indonesia menjadi negera berpenduduk muslim paling besar masih tetap seringkali sekali didapati beberapa muslim yang belum dapat membaca Al-Quran. Sebab belum pernah belajar, atau barangkali sempat belajar pada saat kecil tetapi sebab jarang digunakan. Bacaan quran nya jadi tidak lancar atau bahkan juga benar-benar lupa.
Tetapi pasti tidak ada kata terlambat untuk belajar. Pada saat kita masih tetap bernafas, kita masih tetap diharuskan selalu mencari pengetahuan, belajar serta belajar.
Seperti disebutkan awal mulanya, untuk dapat membaca ayat-ayat Al-Quran, jadi kita mesti mengetahui satu-satu huruf hijaiyah yang 29 itu. Bagaimana bentuk hurufnya serta bagaimana juga langkah membacanya.

video belajar huruf hijaiyah

Pelajari langkah membaca huruf hijaiyah lewat tulisan atau gambar, seperti tabel diatas saja jelas kurang. Sebab bila membaca tanpa ada betul-betul tahu langkah pelafalan / pengucapannya, kemungkinan besar alami kekeliruan. Untuk huruf-huruf yang gampang seumpama Alif, ba, ta mungkin tidaklah terlalu sulit disampaikan. Tetapi ada banyak huruf yang termasuk sulit dalam pelafalannya serta tidak dapat langsung dibaca dengan ikuti tulisan latinnya seperti huruf dha, dad, dzal, dan sebagainya. Mengenai untuk pelajari huruf hijaiyah serta langkah bacanya yang benar, kita dapat belajar dengan pertolongan video tips di Youtube. Sekarang ini banyak beberapa orang yang berbaik hati merekam tips langkah belajar membaca huruf arab hijaiyah dengan benar lalu menguploadnya ke Youtube. Hingga faedahnya dapat dirasa oleh mereka yang memang ingin belajar. Satu diantara video referensi ialah berikut ini. Silahkan buat sahabat untuk melihat serta pelajari langkah baca huruf hijaiyah dengan tahsin yang benar. Ini dapat disebut langkah pilihan untuk belajar dengan mandiri. Untuk langkah terunggul harus tetap belajar langsung ke guru dengan cara langsung.

Catatan
Semasing huruf pada huruf hijaiyah mempunyai hak makhraj semasing yang harus dipenuhi. Dalam pengertian, pelafalannya mesti benar sesuai makhrajnya. Seumpama huruf Sin tidak dapat disamakan dengan huruf Syin, sebab tempat keluarnya huruf juga berlainan. Ada huruf yang bersumber dari tenggorokan, rongga mulut juga bibir. Semua mesti dikerjakan hak-haknya serta jangan pernah salah. Sebab bisa jadi bila salah pengucapan dapat merubah arti kata atau kalimat yang disampaikan.

belajar huruf hijaiyah buat anak

Untuk membuat generasi penerus yang berjiwa qurani, maka wajib kiranya mengajari Al-Quran sedini mungkin pada anak-anak.Lebih pada usia-usia balita, di mana pada saat itu anak kecil dipercaya dapat lebih gampang dalam tangkap tiap-tiap perihal yang di ajarkan kepadanya. Tidak kecuali mengenai pelajaran al-quran serta huruf hijaiyah. Banyak cara evaluasi yang dapat coba Anda aplikasikan dalam mengajari serta memperkenalkan huruf hijaiyah pada si kecil. Dapat dengan alat gambar yang menarik dengan warna-warni, lagu ataupun game huruf hijaiyah.Dengan cara belajar yang menyenangkan semacam itu diakui dapat lebih efisien. Sebab pada prakteknya, si kecil tidak terasa terbebani, sebab sifatnya yang ajak bermain tetapi sekalian belajar tanpa ada mereka sadari.Anda dapat cetak beberapa flash card file yang kami siapkan berikut ini ialah bentuk file gambar. Atau dapat juga dengan memperdengarkan lagu serta game huruf hijaiyah yang menyenangkan pada si kecil.Baik, tanpa lama, berikut beberapa pilihan langkah belajar huruf hijaiyah buat anak-anak.

1, Lagu Huruf Hijaiyah Anak

Berikutnya yang dapat Anda coba aplikasikan dalam mengajari serta memperkenalkan huruf hijaiyah pada si kecil ialah lewat satu lagu. Ya, lagu di rasa jadi satu alat yang efisien dalam belajar anak.Mengenai dalam soal ini lagu yang disebut ialah lagu huruf hijaiyah. Lagu yang memperkenalkan beberapa nama huruf hijaiyah lewat cara lebih menyenangkan serta dapat diamankan dengan baik oleh pikiran si buah hati. Satu diantara yang jadi referensi ialah lagu dari film Animasi Upin Ipin dengan judul Alif Ba Ta. liriknya yang mengatakan satu-satu huruf hijaiyah digabungkan dengan irama yang easy listening dapat membuat si kecil nikmati lagunya serta otomatis dapat ingat beberapa nama huruf hijaiyah yang 29. Walaupun mungkin mereka belum dapat membacanya.

2. gambar huruf hijaiyah

Berikut ini kami pun sediakan gambar yang dapat Anda untuk jadikan evaluasi buat si kecil untuk lebih kenal huruf hijaiyah. Gambar-gambar berikut ini juga bisa Anda bikin print dalam lembar kertas HVS atau karton untuk lalu digunting per huruf serta ditempelkan pada buku si kecil. Penampilannya yang menarik, ditanggung dapat membuat si kecil kerasan memandangnya serta otomatis ia pasti akan belajar lebih kenal huruf hijaiyah dengan lebih dekat. Silahkan unduh gambarnya berikut ini.

3. Belajar Menulis Huruf Hijaiyah Dengan Flash Card

Cara evaluasi baca quran buat anak-anak yang sangat familiar saat ini ialah cara dengan buku Iqra’. Umumnya ada tingkatan-tingkatannya, mulai dari iqra 1 sampai 6. Sesudah lulus keenamnya, dilanjut serta berubah memakai mushaf Al-Quran. Berkaitan belajar huruf hijaiyah buat anak-anak ini pasti kurang cuma sampai di belajar membaca. Tetapi butuh pun dilatih untuk si kecil dapat tahu serta mengaplikasikan langkah menulis huruf hijaiyah / arab dengan baik. Yang akan datang akan banyak faedah yang dapat diperoleh bila anak Anda dapat dengan lancar tuliskan huruf arab tunggal serta bersambung. Tidak hanya berharga pahala sebab tuliskan lafadz-lafadz Al-Quran, mereka pun bisa lebih akrab dengan huruf hijaiyah. Selain itu dengan dapat menulis tulisan arab, ialah satu bekal bernilai buat si anak untuk lalu dapat belajar bahasa Arab. Saling kita ketahui jika bahasa arab itu ialah alat penting untuk dapat pelajari agama islam dengan lebih mendalam. Dengan kuasai bahasa Arab, kita bisa lebih gampang dalam pelajari pengetahuan islam. Serta semua itu bermula dari perebutan huruf hijaiyah yang diperkenalkan sedini mungkin pada anak-anak. Karena itu, untuk mempermudah Anda beberapa orangtua dalam memberi evaluasi pada sang anak lebih gampang, tersebut kami sediakan gambar flash card huruf hijaiyah.

4. game huruf hijaiyah

Di jaman now ini sudah banyak cara evaluasi efisien yang dapat diaplikasikan buat anak-anak. Tidak kecuali dengan belajar huruf hijaiyah ini. Satu diantara aplikasinya ialah belajar dengan manfaatkan aplikasi atau game di smartphone. Anak-anak kecil saat ini banyak yang bisa main HP, serta pasti menjadi orangtua Anda tidak mau kegiatan main HP nya itu jadi percuma belaka. Untuk memberikan pengetahuan mengenai huruf hijaiyah mulai dari pengenalan bentuk, langkah membaca serta menulisnya, jadi coba instal game huruf hijaiyah di Smartphone Android Anda. Untuk lalu game itu dapat dimainkan oleh si kecil. Tentu saja dengan tuntunan dari Anda menjadi orangtua. Game Huruf Hijaiyah ini banyak dapat Anda jumpai di Google Playstore. Silahkan searching untuk temukan game yang di rasa sangat enak serta pas untuk dimainkan. Mengenai referensi dari kami untuk game huruf hijaiyah ini ialah bernama Marbel Huruf Hijaiyah. Game itu begitu gampang serta menyenangkan untuk dimainkan. Sebab di dukung dengan penampilan serta dampak nada yang bagus serta pas buat anak-anak.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: