Alat Optik – Fisika Kelas 11

2 min read

Alat Optik – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Alat Optik. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat!

Pengertian Alat Optik

Pengertian Alat Optik
Pengertian Alat Optik

Alat optik adalah alat yang menggunakan komponen optik dengan prinsip kerja pembiasan dan pemantulan cahaya.

Dilansir dari Wikipedia, pengertian alat optik yaitu:

Optika adalah cabang fisika yang menggambarkan perilaku dan sifat cahaya dan interaksi cahaya dengan materi. Optika menerangkan dan diwarnai oleh gejala optis. Kata optik berasal dari bahasa Latin ὀπτική, yang berarti tampilan.

Wikipedia

Sementara itu, alat optik menurut KBBI adalah:

op.tik/berkenaan dengan penglihatan (cahaya, lensa mata, dan sebagainya)

KBBI Daring

Macam-Macam Alat Optik

Alat Optik Alami

Mata

Mata
Mata

Mata merupakan indra penglihatan dan merupakan organ tubuh kita yang dapat menangkap perubahan dan perbedaan cahaya.

Mata berfungsi dengan cara menerima, memfokuskan, dan mentransmisikan cahaya melalui lensa mata yang menghasilkan bayangan objek yang kemudian ditangkap oleh retina mata. Bayangan objek yang ditangkap retina tersebut kemudian dikirimkan ke otak melalui saraf optik untuk kemudian diolah menjadi gambar yang mampu kita lihat secara nyata. Mata terdiri dari banyak bagian, termasuk kornea, pupil, iris, lensa, dan retina.

Alat Optik Buatan

Kacamata

Kacamata
Kacamata

Kacamata merupakan alat optik yang digunakan untuk membantu melihat pada orang yang memiliki cacat mata, baik itu rabun jauh, rabun dekat, ataupun mata silindris. Kacamata terdiri dari lensa cembung atau cekung (tergantung jenis cacat matanya), frame atau kerangka yang menyangga lensa.

Kacamata berfungsi dengan cara mengatur bayangan agar jatuh tepat di retina, dengan cara menjauhkan titik jatuh bayangan pada penderita rabun jauh dan mendekatkan titik jatuh bayangan pada penderita rabun dekat.

Kamera

Kamera
Kamera

Kamera adalah alat untuk menghasilkan foto. Kamera yang sederhana disebut kamera obskura. Cara kerja kamera hampir sama dengan cara kerja mata, yakni cahaya masuk difokuskan oleh lensa dan kemudian ditangkap oleh retina yang merupakan sensor pada kamera. Bayangan yang dihasilkan kamera bersifat nyata, terbalik, dan diperkecil.

Mikroskop

Mikroskop
Mikroskop

Mikroskop adalah alat optik yang digunakan untuk melihat objek yang ukurannya terlalu kecil untuk bisa dilihat dengan mata telanjang, misalnya jamur patogen, jaringan daun, koloni bakteri, dan lain-lain. Cara kerja mikroskop adalah dengan memperbesar bayangan sehingga tampak lebih besar dan jelas.

Mikroskop pertama kali ditemukan oleh Anthony Van Leeuwenhoek. Beliau menggunakan mikroskop pertama kali untuk mengamati protozoa, bakteri, dan makhluk mikroskopis lainnya.

Mikroskop terdiri dari dua lensa cembung, yakni lensa okuler (dekat dengan mata) dan lensa objektif (dekat dengan benda). Perbesaran pada mikroskop sama dengan perkalian antara pembesaran pada lensa okuler dengan pembesaran pada lensa objektif.

Mikroskop juga memiliki dua jenis, yaitu mikroskop cahaya dan mikroskop elektron. Mikroskop cahaya menggunakan cahaya sebagai sumber utama untuk membentuk bayangan suatu benda. Sedangkan, mikroskop elektron menggunakan elektron sebagai pengganti cahaya untuk membentuk bayangan suatu benda.

Teropong/Teleskop

Teropong
Teropong

Teropong merupakan alat optik yang digunakan untuk mengamati benda-benda yang jaraknya jauh dari pengamat sehingga tampak lebih dekat dan lebih jelas. Bagian penyusun teropong mirip dengan mikroskop, ada lensa okuler dan lensa objektif.

Perbedaannya adalah fokus lensa objektif pada teropong lebih besar daripada fokus lensa objektif pada mikroskop. Bayangan yang terbentuk di lensa objektif pada teropong selalu berada pada titik fokus lensa objektif karena letak benda yang sangat jauh.

Teropong terdiri dari dua macam, yaitu teropong bintang untuk melihat benda-benda angkasa, dan teropong bumi untuk mengamati benda-benda di bumi yang jaraknya jauh dari pengamat. 

Kaca Pembesar

Kaca Pembesar
Kaca Pembesar

Kaca pembesar merupakan alat optik yang sangat sederhana, terdiri dari satu lensa cembung yang berfungsi untuk mengamati benda kecil agar terlihat lebih besar dan jelas.

Periskop

Periskop
Periskop

Periskop adalah alat optik sejenis teropong untuk mengamati objek yang keberadaannya berada di atas atau di bawah lensa.

Periskop dapat membelokkan arah pandangannya sehingga seseorang di dalam kapal selam dapat mengamati keadaan di permukaan laut saat sedang berada di dalam lautan. Periskop juga banyak digunakan saat berada di dalam tank.

Periskop sederhana dapat dibuat menggunakan tabung dengan dua buah cermin yang dipasang saling berhadapan.

Periskop membentuk bayangan melalui pantulan cahaya pada cermin bagian atas menuju cermin yang di bawah. Kemudian, cermin yang di bawah akan meneruskannya ke mata pengamat.

Bayangan benda yang dibentuk oleh lensa cembung pada kaca pembesar adalah maya, tegak, dan diperbesar.

Demikianlah artikel mengenai Alat Optik. Apabila ada pertanyaan, kamu dapat bertanya melalui kolom komentar dibawah ini.

Hosting Unlimited Indonesia

Hukum Kepler – Fisika Kelas 10

Hukum Kepler – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Hukum Kepler. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
2 min read

Efek Doppler – Fisika Kelas 11

Efek Doppler – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Efek Doppler. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
1 min read

Gelombang Bunyi – Fisika Kelas 11

Gelombang Bunyi – Pada kesempatan kali ini, budisyaqier.com akan membahas materi fisika mengenai Gelombang Bunyi. Simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah. Semoga bermanfaat! Daftar Isi1 Pengertian...
Afifa Atira
1 min read

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *