5/5 (2) 5 Tips Jitu Agar Tidak Malas Belajar

5 Tips Jitu Agar Tidak Malas Belajar – Belajar merupakan hal yang wajib untuk setiap pelajar, namun seringkali terhalang rasa malas. Pentingnya peran orang tua dalam memotivasi anak dan juga memberikan beberapa tips agar tidak malas belajar. Banyak alasan yang diberikan oleh anak-anak usia sekolah ketika orang tua meminta mereka untuk belajar. Problematika malas belajar ini bukanlah hal yang baru dan bahkan tergolong wajar dikalangan pelajar. Kurangnya moivasi dan minat belajar membuat mereka merasa malas. Tidak hanya itu, pelajaran yang dianggap membosankan atau tidak menarik pun menjadi salah satu penyebab datangnya rasa malas. Tak hanya merugikan diri sendiri, rasa malas ini juga berdampak negative kepada orang lain. Dijauhi teman akan menjadi salah satu akibat dari rasa malas belajar. Sehingga, dibutuhkan motivasi untuk mengurangi rasa malas dan menumbuhkan semangat belajar.

  1. Berikan Hadiah

Memberikan reward atau hadiah dapat memicu semangat belajar. Yang eprlu diketahui ialah, memiliki ujuan / hasil yang ingin dicapai. Keika hasil ersebu elah tercapai, pemberian reward bisa menaikkan kembali semangat belajar. Tak hanya reward dalam bentuk hadiah, untuk mencegah rasa malas, reward bisa juga diberkan dalam bentuk hukuman. Memberikan hukuman ketika tidak bisa mencapai hasil erenu aau keika malas belajar akan melaih kedisiplinan diri sendiri. Jadi, semanga belajar akan tumbuh dengan sendirinya karena hukuman yang berlaku.

  1. Metode Belajar Baru

Menggunakan metode belajar yang sama setiap harinya pasti memberikan rasa bosan. Hal ini juga yang kemudian memicu rasa malas. Untuk mengatasinya, mengubah cara belajar atau menambah metode belajar yang lebih menarik bisa menjadi alternative. Mengubah suasana tempat belajar juga dapa menjadi salah sau solusi. Tempat belajar yang nyaman merupakan salah satu cara untuk mendapatkan kembali semangat belajar.

  1. Berikan Waktu Istirahat

Salah satu tips agar tidak malas belajar lainnya ialah dengan memberikan jeda atau waktu istirahat ketika belajar merupakan hal yang sangat penting. Kelelahan otak yang berlebih akan menimbulkan rasa penat dan akhirnya memutuskan untuk tidak belajar. Sedikit refreshing akan membantu memulihkan oak agar kembali siap untuk belajar. Melakukan meditasi sederhana bisa menjadi solusi. Hal ini juga terbukti mampu meningkatkan kembali rasa semangat dan kinerja otak untuk lebih maksimal.

  1. Mengedepankan Kualitas

Mengedepankan kualitas belajar lebih penting dari pada hanya mengedepankan kuantitas. Lama atau tidaknya seseorang belajar tidak akan berdampak pada seberapa banyak ilmu yang terserap. Jadi, akan lebih baik untuk belajar sedikit hal, tapi dalam jangka waktu yang lama. Membiasakan diri untuk rutin belajar dengan waktu yang singkat akan membantu meringankan beban otak. Hal ini juga akan meningkatkan rasa disiplin di mana sesorang akan lebih mampu menata waktu.

  1. Menggunakan Media

Terdapat banyak cara untuk meningkatkan semangat belajar. Tiap individu memiliki cara belajar masing-masing. Ada yang lebih suka mendengar, melihat, ataupun mencatat. Semuanya memiliki cara yang unik. Ada yang belajar sambil menikmati music, belajar dengan banyak menuliskan catatan kecil warna-warni, dan masih banyak lagi. Memberikan hiburan saat belajar juga dapat menjadi salah satu cara untuk meningkatkan semangat belajar. Memberikan film motivasi ataupun film sejenisnya akan membantu meningkatkan semangat dan mengurangi penat saat belajar.

Dengan memberikan berbagai tips agar tidak malas belajar, maka tidak akan lagi anak yang malas belajar dan memberikan banyak alasan untuk tidak belajar. Belajar merupakan kewajiban dalam rangka untuk menggapai cita-cita dan memperoleh kehidupan yang lebih baik lagi.

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: