5/5 (8) 13 Contoh Teks Pidato Kemerdekaan Untuk Menyambut HUT RI 17 Agustus

13 Contoh Teks Pidato Kemerdekaan Untuk Menyambut HUT RI 17 Agustus – Bertemu lagi bareng kita, budisyaqier.com yang senantiasa membahas mengenai segala ilmu pengetahuan yang pastinya perlu kalian ketahui. Dan kali ini budisyaqier.com berkesempatan untuk membahas 13 Contoh Teks Pidato Kemerdekaan Untuk Menyambut HUT RI 17 Agustus. Mari langsung saja simak baik-baik ulasan di bawah.

Pengertian Pidato

Pidato ialah suatu kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran mengenai suatu hal. Pidato umumnya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi serta pernyataan mengenai suatu hal/peristiwa yang penting serta patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu materi dari pelajaran bahasa indonesia.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 1 :

Assalamualaikum warah matullahi wabarakatu, dan selamat pagi
Ibu Guru yang saya hormati, dan rekan-rekan yang saya banggakan dan saya muliakan.
Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kehadiran Tuhan yang maha Esa dan saya juga ucapkan terima kasih atas kesempatan yang diberikan kepada saya untuk menyampaikan pidato saya yang bertemakan “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia.”    
Seperti yang kita ketahui bersama pada tanggal 17 Agustus Bangsa Indonesia akan merayakan hari kemerdekaan dengan ber-upacara atau menaikkan bendera untuk menghormati para pahlawan yang telah berjuang untuk Negara kita ini agar dapat merdeka dan bebas dari belenggu penjajahan, yang mejajah kita selama ratusan tahun lamanya.
Namun rasa kemerdekaan dimaknai berbeda oleh generasi kita yaitu hanya dimaknai pada tanggal 17 Agustus saja, sebenarnya argumen atau pendapat tersebut kurang tepat, karena makna kemerdekaan tidak hanya kita rasakan atau maknai pada hari kemerdekaan Republik Indonesia, tetapi juga pada semua hari-hari yang kita lalui bersama di Negara kita ini.
Jadi jangan hanya menganggap dan memaknai bahwa kita merdeka hanya pada taggal 17 Agustus  saja, karena hal tersebutlah yang dapat menjatuhkan semangat kemerdekaan Negara kita ini  dan seharusnya kita menghargai para pahlawan yang telah gugur dan yang telah memberikan kemerdekaan untuk kita semua jadi kita harus menumbuhkan rasa kemerdekaan itu setiap hari agar kita dapat mempertahankan Negara kita sehingga tidak di jajah lagi.   
Sekian dari apa yang telah saya sampaikan saya berharap atas apa yang telah saya sampaikan dapat berguna bagi kita semua. Apa bila ada salah-salah kata lebih dan kurangnya mohon di maafkan.
Wassalamualaikum Warah matullahi wabarakatu, dan selamat pagi.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 2 :

Assalamualaikum. Wr. Wb.

Yang saya hormati bapak Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Karawang

Yang saya hormati bapak wakil Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Karawang

Yang saya hormati bapak / ibu guru beserta staff TU dan karyawan SMK Negeri 1 Karawang

Dan yang saya banggakan rekan-rekan siswa-siswi kelas 10, 11, 12 SMK Negeri 1 Karawang

Pertama kalinya marilah kita panjatkan puji syukur yang setinggi-tingginya kepada Allah SWT yang telah memberikan kita banyak sekali kenikmatan yang tak terhingga. Sehingga apabila kita mencoba menghitung-hitung nikmat tersebut, tentu kita tidak akan sanggup untuk menghitungnya. Karenanya marilah senantiasa kita menempatkan rasa syukur dengan baik ke dalam setiap aktivitas kehidupan kita. Sholawat serta salam semoga selalu tercurahkan kepada Nabi Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan juga umat beliau. Semoga kita diberikan kekuatan untuk tetap istiqamah mengikuti beliau hingga akhir hayat kita.

Pertama kalinya ucapan terima kasih saya sampaikan kepada segenap panita pelaksana peringatan hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-74 atas kesempatan yang diberikan kepada saya selaku ketua OSIS untuk menyampaikan sedikit pidato yang erat kaitannya dengan peringatan hari kemerdekaan ini. Ucapan terima kasih juga saya sampaikan kepada bapak / ibu pembina kegiatan ekstrakulikuler yang telah memfasilitasi segala keperluan acara ini, sehingga dapat terselenggara dengan sangat baik.

Hadirin yang saya hormati,

Hari ini tanggal 17 Agustus 2019, bertepatan dengan HUT RI ke-74. Pada hari ini adalah tahun ke-74 negara kita merdeka dari tangan para penjajah. Peringatan kemerdekaan ini bukanlah semata-mata hanya mengikuti euforia semaraknya saja, namun lebih dari itu. Diharapkan dengan diselenggarakannya berbagai agenda pada hari ini dapat menambah semangat nasionalisme, patriotis, bangga akan bangsa sendiri, serta cinta tanah air dalam pribadi kita masing-masing.

Pasca perang kemerdekaan terdahulu adalah saat dimulailah era para pendiri bangsa. Mulai dari era itulah generasi seterusnya disebut sebagai generasi pengisi kemerdekaan. Kita yang hidup di zaman ini, adalah termasuk generasi yang mengemban amanah para pejuang kemerdekaan untuk dapat mengisi kemerdekaan dengan sebaik-baiknya. Dahulu para pahlawan bertempur mati-matian demi merebut kemerdekaan bangsa dari tangan penjajah. Mereka mengorbankan segala yang mereka punya, bahkan nyawa menjadi taruhan demi bebasnya bangsa dan negara ini. Saat musuh berada di depan mata, pantang bagi mereka untuk mundur. Sekelumit kisah para pejuang telah banyak kita dengar dari lisan-lisan para sejarawan, bapak / ibu guru, dan orang tua kita terdahulu. Adalah sebuah kewajiban bagi kita untuk dapat mengisi kemerdekaan yang sudah susah payah direbut oleh para pahlawan. Pertanyaannya adalah dengan apa kita mengisi kemerdekaan tersebut?

Hadirin yang saya hormati,

Kita generasi yang tidak pernah bertempur melawan penjajah seperti para pejuang kemerdekaan terdahulu, sejatinya kita memiliki musuh yang jauh lebih dahsyat dibandingkan hanya sekedar penjajah. Bung Karno pernah berkata bahwa perjuangan kita akan lebih berat dari pada perjuangan generasi terdahulu. Mereka melawan musuh-musuh yang nyata yakni penjajah yang bertujuan untuk merampok negeri kita. Akan tetapi perjuangan kita amatlah berat di era sekarang ini. Kita tak hanya melawan kolonialisme model baru, akan tetapi kita juga harus melawan bangsa sendiri yang berpihak pada asing. Dengan kata lain, musuh kita saat ini bukan hanya para penjajah. Akan tetapi musuh kita adalah saudara sebangsa dan setanah air yang berpihak pada asing dan bangga akan budaya serta adat istiadat mereka.

Hadirin yang saya hormati,

Peran generasi muda seperti kita saat ini sangat dibutuhkan dalam rangka melawan musuh-musuh bangsa dan negara. Kaum muda pula-lah yang memiliki potensi besar dalam membawa bahtera kepemimpinan negara ini ke depannya. Potensi yang kita miliki hendaknya dipergunakan dengan sebaik-baiknya dalam rangka meneruskan perjuangan para pejuang terdahulu. Perjuangan seperti apa yang dapat kita lakukan sebagai kaum muda? Banyak hal yang bisa kita perbuat untuk mengisi kemerdekaan kita. Sesuatu yang dapat kita perbuat tentu bisa dimulai dari hal yang kecil. Seorang guru dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan cara mengabdi dan mendedikasikan dirinya untuk dunia pendidikan bangsa. Seorang ulama dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan berperan sebagai pengayom umat untuk persatuan dalam keberagaman. Seorang pemimpin dapat mengisi kemerdekaan Indonesia dengan mempersatukan bangsa dalam keberagaman etnis. Seorang pelajar dapat mengisi kemerdekaan negerinya dengan belajar sekuat tenaga demi cita-cita mengharumkan nama bangsa. Pada akhirnya kita semua dapat mengisi kemerdekaan bangsa dengan porsi serta jalan hidupnya masing-masing.

Hadirin yang saya hormati,

Apa yang kita hadapi dewasa ini sungguhlah berat. Dalam situasi politik, perekonomian, dan masalah sosial dalam negeri yang tidak menentu memaksa kita untuk ambil bagian dalam mengawal jalannya roda pemerintahan bangsa dan negara. Karenanya marilah bersama-sama kita berjuang demi bangsa dan negara dengan sesuatu hal yang kita punyai, dengan seuatu hal yang kita mampu untuk melakukannya, dan dengan segenap jiwa raga untuk mengabdi pada bangsa. Marilah kita isi kemerdekaan bangsa Indonesia ini dengan semangat kerja keras, semangat persatuan, dan semangat membangun Indonesia menuju bangsa yang lebih baik ke depannya.

Dirgahayu IndonesiaKu!

Merdekaa !! Merdekaa!!

Wasalammualaikum Warahmatullahi wabarakaatuhh

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 3 :

Assalamualaikum Wr. Wb.

Yang terhormat Bapak kepala sekolah, yang terhormat bapak/ibu guru, yang terhormat para staff karyawan, serta adik-adik saya yang saya cintai dan saya sayangi.

Pertama-tama marilah kita panjatkan rasa puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul disini tanpa ada halangan suatu apapun, dalam rangka memperingati Hari HUT RI yang ke-74 tahun 2019 kali ini.

Hadirin sekalian saat ini kita sedang memperingati hari HUT RI yang ke-74, marilah kita mengenang sejenak perjuangan para pahlawan kita dahulu yang telah gugur dalam memperebutkan kemerdekan RI dari tangan penjajah. Dahulu kala betapa hebatnya para pahlawan kita dalam berperang memperebutkan kemerdekaan, sampai mereka rela mengorbankan diri mereka untuk negara kita tercinta.

Kita sebagai generasi muda penerus bangsa hendaknya melanjutkan perjuangan pahlawan terdahulu kita dengan cara mengisi kemerdekaan dengan hal-hal positif. Kita sebagai pelajar harus giat belajar dengan begini kita sudah ikut meneruskan perjuangan para pahlawan terdahulu kita.

Kita harus mempunyai jiwa nasionalisme dan selalu mencintai negara kita Indonesia. Salah satunya dengan cara mengenakan produk asli Indonesia seperti batik bukan malah senang membeli barang-barang impor dari luar negeri.

Hadirin sekalian, perjuangan besar para pahlawan kita yang telah gugur dimedan perang terbayar sudah pada tanggal 17 Agustus 1945. Dan pada tanggal tersebut telah diproklamirkan kemerdekaan Indonesia. Dan saat ini kemerdekaan itu telah kita rasakan bersama. Sekarang kita sudah tidak merasakan apa yang namanya peperangan lagi.

Maka dari itu, kita sebagai generasi muda penerus bangsa hendaknya terus mempertahankan kemerdekaan kita jangan sampai dijajah oleh negara lain lagi. Kita harus menjadi generasi muda yang cerdas dan pintar serta menjadi cerminan kecerdasan bangsa kita.

Marilah kita ucapkan bersama-sama, MERDEKA……….!!! DIRGAHAYU INDONESIAKU………!!!

Terima kasih untuk semua perhatiannya, jika ada tutur kata saya yang tidak berkenan dihati hadirin sekalian saya minta maaf yang sebesar-besarnya.
Wassalamualaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 4 :

Bapak kepala sekolah yang terhormat
Ibu Bapak Guru pengajar yang saya hormati
Dan rekan-reka sekalian yang saya cintai
Assalamualaikum Wr.Wb.
Puji dan syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT. Karena atas berkat limpahan rahmat dan hidayah-Nya lah kita dapat berkumpul bersama di tempat ini dalam keadaan sehat wal’afiat. Shallawat serta salam semoga akan terus tercurahkan kepada Nabi besar kita Nabi Muhammad SAW.Sungguh hari yang sangat membahagiakan, bahwasannya pada kesempatan ini saya telah diberi kesempatan untuk dapat menyampaikan sepatah dua patah kata dalam rangka memperingati hari kemerdekaan Indonesia di sekolah tercinta kita ini.Hadirin yang berbahagia,Setiap 17 Agustus negeri kita berpesta untuk memeriahkan hari Kemerdekaan, 17 Agustus merupakan hari dimana seluruh bangsa Indonesia mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah meraih kemerdekaan. Ucapan syukur, bangga dan bahagia menyelimuti kedamaian negeri kita, Indonesia. Suara-suara pekikan merdeka bergema disetiap pelosok negeri, mengumandangkan, menyorakan dan meneriakan kemerdekaan dengan tegasnya, MERDEKA, MERDEKA, MERDEKA.Hadirin yang berbahagiaAlhamdulillah kini telah genap 66 tahun negeri kita telah merdeka. Pudji syukur sudah sepatutnya kita ucapkan atas perjuangan keras yang telah diraih oleh para pahlawan terdahulu berupa kemerdekaan, sehingga kini kita semua dapat merasakan ketenangan dan dapat hidup berdampingan secara damai.Hadirin yang berbahagiaSeperti yang kita ketahui, meraih kemerdekaan bukanlah hal yang mudah. Segalanya memerlukan perjuangan baik  jiwa maupun raga. Beratus-ratus tahun negeri kita dijajah, diinjak-injak dan dirampas kesejahteraannya oleh para penjajah. Beratus-beratus kali peperangan, beribu-ribu nyawa dengan beribu-ribu liter darah menjadi korban kebiadaban para penjajah.Namun bak ulat yang tak selamanya menjadi ulat, akhirnya para pahlawan berhasil meraih kemerdekaan. Jln Pegangsaan Timur telah menjadi saksi bisu dikumandangkannya proklamasi untuk pertama kalinya. Sehingga para pemuda dapat mengibarkan sang saka Merah Putih dengan diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya.Hadirin yang berbahagiaSetelah kita mendengar kerasnya perjuangan para pahlawan dalam meraih kemerdekaan, sudah sepatutnya kini kita sebagai bangsa Indonesia dapat menghargai dengan megisi hari kemerdekaan ini dengan berbagai hal positif dengan  semangat dan memiliki rasa Nasionalisme yang tinggi. Sehingga kita dapat ikut andil dalam memeriahkan kemerdekaan.Semangat dan rasa Nasionalisme yang tinggi dapat kita wujudkan dalam berbagai hal, namun hal yang paling pokok bagi kita sebagai pelajar adalah belajar, belajar dan belajar. Agar kita dapat memberi kebanggaan kepada bangsa kita, sehingga kita dapat ikut serta mengharumkan nama bangsa Indonesia.Belajar bukanlah hal yang sulit apalagi jika kita memiliki rasa nasionalisme yang tinggi. Maka dari itu marilah kita menjadi generasi yang berguna bagi nusa dan bangsa. Generasi yang kompetitif, aktif dan imajinatif bagi nama bangsa kita, INDONESIA.Hadirin yang berbahagiaSekian yang dapat saya sampaikan, semoga apa yang telah saya sampaikan ada manfaatnya bagi kita semua.
Terimakasih atas perhatiannya.
Wabillahitaufik walhidayahWassalamualaikum Wr.Wb.
MERDEKA

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 5 :

Assalamualaikum wr. wb
Selamat pagi dan salam sejatera bagi kita semua
Kepada yang terhormat kepala SMKN 1 Karawang
Yang terhormat bapak dan ibu dewan guru beserta seluruh staff Serta siswa – siswi SMKN 1 Karawang yang saya banggakan
Marilah kita memanjatkan rasa puji dan syukur kita kepada Allah SWT yang telah memberikan rahmat beserta hidayahnya kepada kita semua sehingga kita dapat berkumpul dalam ruangan ini untuk memperingati hari kemerdekaan Indonesia yang ke XX dalam keadaan yang sehat tanpa ada kekurangan sedikit pun.
Selanjutnya, marilah kita sampaikan shalawat serta salam kepada junjungan kita, Nabi Muhammad SAW yang telah berjasa membawa kita keluar dari jaman kegelapan dan masuk ke jaman yang terang benderang ini. Semoga kita semua diberikan syafaat olehnya dan dipertemukan kembali oleh beliau dalam surga kelak, Amin.
Pada pagi hari yang cerah ini, saya akan menyampaikan sebuah pidato yang berjudul mari kita mengisi kemerdekaan ini, agar kita semua kembali sadar dan mau bergerak untuk mengisi kemerdekaan yang telah kita dapatkan saat ini. Semoga apa yang dapat saya sampaikan ini dapat bermanfaat bagi kita semua dan juga bagi tanah air kita, Indonesia.
Hadirin yang berbahagia,
Marilah kita menundukan kepala kita sejenak dan berdoa untuk mengenang jasa para pahlwan yang telah gugur dalam memperjuangkan kemerdekaan ini, semoga mereka mendapatkan tempat yang terbaik di sisi Allah SWT, Amin. Mengheningkan cipta mulai. Selesai. Hadirin yang berbahagia,
74 tahun yang lalu, tepatnya hari ini bangsa kita mendapatkan anugerah tuhan yang amat sangat besar, yaitu kemerdekaan, setelah berabad – abad lamanya kita berada di dalam belengu penjajah yang bertindak sewenang – wenang terhadap kita, akhirnya cita – cita ini tercapai meskpun penuh dengan pengorbanan. Oleh karena itu, kita harus berterimakasih kepada para pejuang kita yang telah rela mengorbankan seluruh jiwa dan raga mereka untuk mengusir penjajah dari tanah air kita. Dengan senjata dan taktik yang kalah jauh dari penjajah, tetapi dengan semangat untuk menggapai kemerdekaan, semua itu bukanlah halangan.
Hadirin yang berbahagia,
Saat ini 74 tahun kita telah merdeka, tetapi bukan berarti perjuangan untuk mempertahankan tanah air ini sudah usai, Bahkan perjuangan kita lebih berat, yaitu untuk mempertahankan apa yang telah diwariskan oleh para pejuang kepada kita, yaitu kemerdekaan ini. Jangan sampai apa yang telah kita capai dengan susah payah kembali hilang.
Lalu, bagaimana caranya kita mempertahankan kemerdekaan ini ? Kita tidak perlu lagi mengangkat senjata dan bertempur melawan musuh tetapi kita berjuang dengan mengisi kemerdekaan ini. Ada banyak cara yang dapat kita lakukan untuk mengisi kemerdekaan. Sebagai pelajar yang perlu kita lakukan adalah dengan cara belajar yang giat dan berprestasi karena kita adalah calon – calon penerus bangsa yang akan menentukan masa depan bangsa ini.
Apabila kita menjadi generasi muda yang berprestasi kita bisa memajukan bangsa ini sejajar dengan bangsa – bangsa lainnya, sehingga nama Indonesia bisa harum seperti Negara – Negara maju lainnya. Selain itu, dengan tidak mendekati narkoba berarti kita juga menyelamatkan bangsa karena pada dasarnya narkoba merenggut masa depan kita dan bangsa ini.
Apabila masa depan kita hancur oleh narkoba, maka masa depan bangsa ini pula akan hancur dan kita akan kembali lagi jatuh ke dalam cengkraman para penjajah yang setiap hari menunggu kita lengah sehingga mereka bisa kembali masuk menjajah kita.
Hadirin yang berbahagia,
Marilah kita jadikan momentum hari kemerdekaan ini untuk kembali menghidupkan semangat kita dalam mengisi kemerdekaan ini. Selain itu, marilah kita jadikan pula sebagia motivasi untuk kembali menjaga persatuan yang saat ini mulai memudar. Jangan sampai kita kembali dapat diadu domba oleh pihak – pihak asing yang menjatuhkan kita.
Saya rasa apa yang dapat saya sampaikan hari ini cukup sampai di sini. Dirgahayu Republik Indonesia semoga Negara kita akan menjadi Negara yang maju dan sejajar dengan Negara – Negara lainnya di dunia ini.
Terimakasih atas perhatiannya dan saya akhiri
Wassalamualaikum wr.wb.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 6 :

Bismillahirrahmaanirrahiim

Assalamualaikum wr, wb.

Para hadirin yang saya hormati,

Pada hari ini mari kita ucapkan syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmat dan karunia-Nya, sehingga kita dapat berkumpul di tempat ini guna memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-74. Guna memperigati Hari Kemerdekaan kita ini, saya akan menyampaikan pidato singkat yag mudah-mudahan bermanfaat bagi hadirin sekalian.

Para hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa bahwa sudah 74 tahun kita merdeka dari penjajahan asing. Tak terasa pula bahwa negara kita ini mengalami banyak perkembangan dan lika-liku dalam mempertahankan dan menghayati kemerdekaan ini. Semestinya, peringatan Hari Kemerdekaan kita ini bisa menjadi momen bagi kita untuk merenungkan jasa dan perjuangan pahlawan-pahlawan kita, sekaligus merenungkan kembali tentang kondisi negara kita, apakah sudah merdeka sepenuhnya, atau justru malah terjajah secara tidak sadar? Sayangnya, momen Hari Kemerdekaan ini hanya dirayakan dengan lomba-lomba dan acara panggung musik yang beberapa diantaranya tidak berhubungan dengan filosofi perjuangan atau kemerdekaan negara kita. Sah-sah saja jika ingin  mengadakan lomba atau panggung musik untuk merayakan Hari Kemerdekaan. Tetapi, alangkah lebih bijak jika kedua hal tersebut bisa dijadikan sarana untuk merenungi jasa para pahlawan, sekaligus kemerdekaan negara yang kita cintai ini.

Maka dari itu, di hari yang berbahagia ini, mari kita kenang kembali jasa para pahlawan kita yang berhasil menghantarkan kemerdekaan negara ini, sehingga kita bisa terbebas dari belenggu penjajahan dan mampu berkumpul di tempat mulia ini. Selain itu, mari kita jadikan momen Hari Kemerdekaan ini sebagai ajang untuk meresolusi atau merencanakan kontribusi kecil apa yang akan kita lakukan agar kemerdekaan kita tetap terjaga, dan agar negara ini damai sentosa. Kita berdoa kepada Tuhan Yang Maha Kuasa supaya kemerdekaan ini bisa kita nikmati hingga anak cucu kita nanti.

Mungkin hanya itu saja yang bisa sampaikan di dalam pidato kali ini. Semoga bermanfaat untuk hadirin sekalian. Mohon dimaafkan jika ada kata-kata yang menyinggung atau salah ucap dalam pidato yang saya utarakan tadi. Kesempurnaan hanyalah milik-Nya, dan salah serta dosa tak pernah luput dari kita.

Wassalamualaikum wr, wb.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 7 :

Assalamualaikum Wr. Wb.
Selamat Pagi dan salam sejahtera bagi kita semua
Bapak-bapak dan Ibu-Ibu yang saya hormati serta rekan-rekan sekalian yang saya banggakan dan muliakan.
Pertama-tama, mari kita panjatkan puja dan puji syukur kepada Tuhan YME. Saya mengucapkan banyak terima kasih karena telah memberikan kesempatan untuk menyampaikan sepatah dua patah kata dengan tema “Hari Kemerdekaan Republik Indonesia”.
Seperti yang kita semua tahu bahwa setiap tanggal 17 Agustus, Bangsa Indonesia merayakan hari kemerdekaannya. 
Terutama dengan mengadakan upacara bendera untuk menaikkan sang saka Merah Putih dan menghormati jasa para pahlawan yang berjuang mengusir penjajah. Sehingga, kita bisa menikmati kemerdekaan seperti sekarang ini.
Tapi, rasa kemerdekaan diartikan berbeda oleh generasi jaman sekarang yakni hanya dimaknai setiap tanggal 17 Agustus saja. Argumen ini dirasa kurang tepat karena kemerdekaan sendiri tak hanya saat peringatan hari kemerdekaan RI saja, tetap setia hari yang kita lalu bersama di Negera Indonesia Tercinta ini.
Oleh karena itu, jangan hanya pada tanggal 17 Agustus saja, kita membicarakan tentang semangat persatuan, bela negara dan menghargai jasa para pahlawan. Namun, setiap hari sikap kita maupun perkataan yang kita ucapakan haruslah mencerminkan semua itu. 
Jika diri kita diliputi rasa cinta tanah air yang besar, maka kita dapat mempertahankan Negara ini dengan seluruh kehormatannya dan takkan ada bangsa lain yang berani menjajah kita lagi.
Sekian kalimat yang bisa saya sampaikan di pagi yang semangat ini, semoga bisa berguna dan tertanam pada hati kita semua, khususnya para generasi muda. Jika ada salah-salah kata, saya mohon maaf.
Wassalamau’alaikum Wr. WB.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 8 :

Assalamu’alaikum Warohmatullahi Wabarokatuh

Selamat pagi dan salam sejahtera

Teman-teman, anak-anak Indonesia…

Dalam sejarah, kita belajar bahwa perjuangan merebut kemerdekaan dari para penjajah, bukan sesuatu yang sepele. Kemerdekaan Indonesia tidak akan pernah bisa didapat hanya dengan tidur-tiduran dan malas-malasan. Kemerdekaan Indonesia tidak akan bisa terwujud hanya dengan mengandalkan sebagian kelompok saja. Kemerdekaan Indonesia hanyalah ilusi tanpa bersatunya tekad dan tindakan dari seluruh anak-anak bangsa.

Ratusan tahun, bangsa Indonesia hanyalah budak para penjajah. Ribuan hari, bangsa Indonesia menjadi musuh bangsanya sendiri. Dan jutaan jam, bangsa Indonesia selalu gagal untuk mengusir penjajah. Sampai suatu hari, tepatnya tanggal 28 oktober 1928, pemuda dan pemudi Indonesia menyatakan sebuah tekad untuk bersatu.

Momentum itu adalah awal dari sebuah perjuangan atas nama nasionalisme. Momentum itu diabadikan dengan sebutan ‘Sum-Pah Pe-Mu-Da’. Pemuda-pemudi Indonesia bertekad dengan segenap jiwa, dengan mempertaruhkan raga dan nyawa, untuk satu hal; KE-MER-DE-KA-AN.

Teman-teman sebangsa dan setanah air…

Semakin lama, tekad para pemuda itu semakin mewujud dalam setiap hela nafas, degup jantung, dan gerak langkah kehidupan mereka. Semua aksi para pemuda itu , akhirnya mengantarkan bangsa Indonesia ke depaan pintu gerbang kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pada tanggal 17 agustus 1945.

Perjuangan para pahlawan tidak berhenti sampai sana. Rongrongan terus mengalir terhadap NKRI. Namun para pahlawan kita terus berjuang mempertahankannya. Termasuk saat pertempuran dengan di Surabaya pada tanggal 10 november 1945. Oleh karena itu, setiap tanggal 10 november kita memperingati hari pahlawan nasional.

Teman-teman yang saya cintai…

Perjuangan mempertahankan kemerdekaan bukan hanya tugas para nenek moyang kita. Sebagai generasi muda bangsa, tugas mempertahankan kemerdekaan Indonesia ada di pundak kita. Masa depan negara Indonesia, bergantung terhadap kualitas kita sebagai generasi muda. Oleh karena itu, tidak ada alasan untuk kita berleha-leha. Hanya satu cara untuk membuktikan nasionalisme kita dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Apa itu? Belajar, belajar, dan terus belajar.

Sekian dan terimakasih.

Wassalaamualaikum warahmatullahi wabarokatuh…

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 9 :

Assalamualaikum Warrahmatullahi Wabarrakkatuh,
Yang saya hormati Bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Karawang ,
Yang saya hormati Bapak, Ibu Guru dan para Staff dan Karyawan Sekolah SMKN 1 Karawang,
Tidak lupa pula teman teman yang saya sayangi

Pertama tama, Marilah kita panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat ALLAH SWT yang telah memberi rahmat, nikmat, taufik, hidayah dan inayahNYA kepada kita semua sehingga kita bisa bertemu dan berkumpul di tempat ini dalam keadaan sehat wal afiat.

Sholawat dengan teriring salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar MUHAMMAD SAW. Nabi pemimpin umat yang menyelamatkan manusia dari zaman jahiliyah yang penuh dengan kegelapan hingga menuju zaman islamiyah yang terang benderang. Semoga kita semua mendapatkan syafa’atul husnah di akhir zaman nanti.. Amin Ya Roball Alamin.

Teman teman yang saya sayangi,
Hari ini tepat pada tanggal 17 Agustus 2019  kita memperingati hari ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-74 , Kita boleh dengan bebas dan bangga merayakan kemerdekaan kita. Namun ingatlah perjuangan para Pahlawan yang dengan jiwa patriotisnya memperjuangkan kemerdekaan negara kita.

Kini kita sudah merdeka, kita sudah bebas dari cengkraman tangan dingin penjajah, Namun apakah kita hanya bisa bersenang-senang dan melupakan cucuran peluh, air mata dan darah di kala itu ? Tentu tidak bukan ??

Karena itulah melalui momentum peringatan hari ulang tahun kemerdekaan ini kita jadikan semangat untuk ikut berjuang membangun bangsa dengan jiwa patriotisme dan nasionalisme yang telah dimiliki para pendahulu kita.

Kita harus meningkatkan semangat belajar, belajar dan belajar demi membangun bangsa ini menjadi bangsa yang besar, bangsa yang mandiri, bangsa yang bisa duduk sejajar dan berdampingan dengan negara-negara maju serta menjadi bangsa yang makmur dan  mampu mensejahterakan rakyatnya.

Untuk itu marilah kita menjadi generasi yang tidak cengeng, tidak hanya berpangku tangan, untuk berjuang menatap ke depan menyongsong kemakmuran rakyat dan negara.

Generasi sekarang harus mengambil contoh dan hikmah serta sikap pejuang dahulu, Sikap yang patriotisme, sikap yang pantang menyerah, sikap berjuang demi negara.

Janganlah menjadi generasi yang suka santai, pandai mengeluh, hura-hura, dan tidak beretika. Bila semua itu terjadi maka keinginan mewujudkan negara yang besar dan maju hanya akan menjadi isapan jempol belaka.

Bahkan bukan tidak mungkin Negara akan hancur bila generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti luhur serta semangat hidup bergotong-royong membangun bangsa.

Semangat nasionalisme generasi muda juga sangatlah penting, Dengan adanya semangat tersebut kita dapat membentuk kesadaran dan kesetiaan terhadap bangsa dan negara tanpa memandang Suku, Ras dan Agama.

Jadikan keragaman ini sebagai sumber kekuatan bangsa, Sudah bukan zamannya untuk membeda-bedakan antara golongan yang satu dengan golongan yang lain. Sikap membeda-bedakan akan menjadi bom waktu yang setiap saat dapat meledakkan bangsa dan negara ini menjadi berkeping-keping.

Teman-teman yang saya sayangi…

Dengan semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat sebagai sumber kekuatan bangsa, kita dapat membangun bangsa dan negara, kita dapat hidup sejajar dengan negara maju.

Oleh sebab itu, kita tidak boleh tercerai berai, tidak boleh berdiam diri, tidak boleh berputus asa dalam menghadapi kenyataan seperti itu. Kita harus bangkit, bersemangat untuk melakukan perubahan Bangsa menjadi bangsa yang sejahtera.

Saya yakin, Kita semua tidak ingin menjadi bangsa yang terpuruk dan terbelakang. Saya yakin kita semua bisa melakukannya dengan sangat baik ! Karena generasi saat ini menjadi penompang bangsa indonesia, dan memiliki tugas yang sangat penting untuk memajukan bangsa Indonesia di segala bidang.

Akhir kata… Yakinlah bahwa kita sebagai generasi muda penerus bangsa mampu memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara tercinta ini.

Selamat berjuang, Tetap semangat belajar untuk menjadi generasi muda yang terbaik.

Merdekaa !!
Merdekaa !!
Wassalammua’laikum Warrahmatullahi Wabarrakkaatuhh

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 10 :

Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh

Yang Terhormat Kepada Bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Karawang
Yang Terhormat Kepada Bapak Ibu Guru dan Staff Karyawan Sekolah SMKN 1 Karawang
Dan Tak lupa kepada teman teman yang saya sayangi

Pertama tama, Marilah kita panjatkan puja dan puji Syukur terhadap Allah SWT. Yang telah melimpahkan rahmat dan hidayahnya kepada kita semua, sehingga kita dapat berkumpul di tempat dan waktu yang baik ini dengan keadaan sehat wal afiat. Sholawat serta salam tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi Muhammad SAW. Yang senantiasa mendoakan umatnya ke jalan kebaikan dan keselamatan.

Teman teman yang saya sayangi, Hari ini tepat pada tanggal 17 agustus 2019 kita merayakan ulang tahun kemerdekaan Negara kita yang ke-74. Dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan saya berharap semoga kita lebih lagi untuk meningkatkan jiwa patriotisme dan nasionalisme kepada tanah air tercinta, dan lebih meningkatkan semangat kita untuk belajar lebih rajin lagi, agar kita sebagai generasi muda bisa menjadi generasi yang membuat negara tercinta kita makmur dan tentram.

Masih Ingatkah? Betapa hebatnya para pejuang pejuang bangsa dalam mempertahankan dan merebut  kemerdekaan Negara kita dari tangan penjajah? Kita sebagai rakyat Indonesia dan sebagai bangsa yang besar harus dapat menghormati dan menghargai sekali jasa para perjuangan pahlawan bangsa kita.

Peranan Generasi muda sekarang ini sangatlah penting sekali demi kemajuan dan ketentraman negara kita untuk masa depan. Karena Generasi Muda sekarang ini lebih bersikap individualime, bersikap hedonisme (hura hura), terjadinya kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda. Tentu negara ini menjadi seperti apa nantinya jika generasi mudanya sudah kehilangan nilai-nilai budi pekerti yang luhur serta semangat untuk hidup bergotong royong dan saling membantu.

Semangat Nasionalisme generasi muda sangatlah penting, karena nasionalisme dapat membentuk kesadaran dan kesetian terhadap bangsa dan negara tanpa memandang suku, ras dan agama.Dengan adanya semangat nasionalisme kita dapat menjalin kerukunan antar rakyat.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 11 :

Assalaamu’alaikum Wr.Wb

MA’ASYIROL MUSLIMIIN ROHIMAKUMULLOOH.

Pada masa-masa revolusi fisik tahu 1945, umpamanya. Apakah yang kita miliki pada waktu itu? Tidak lebih dari senapan-senapan tua, bambu runcing dan semangat belaka. Tetapi alasannya yaitu tekad kita masih murni, Bung Tomo dengan ampuhnya mengumandangkan teriakan ” Allohu Akbar”.

Darah cowok tergugah, beribu-ribu mereka turun kegelanggang dan beribu-ribu pula yang tewas menjadi korban. Karunia Alloh turun dalam saat-saat yang sulit itu, merahmati lahirnya kemerdekaan ini sebagai mana janjinya.وَمَنْ يَتَّقِ اللَّهَ يَجْعَلْ لَهُ مِنْ أَمْرِهِ يُسْرًا

Artinya: Dan barang siapa yang bertaqwa kepada Alloh, semua urusannya akan dibikin menjadi gampang. (Ath Thalaq 4).

Kemerdekaan ini yaitu karunia dari Alloh, yang wqjib kita syukuri. Namun kadang kala karunia ini bukannya kita syukuri, malah kita inkari. Seakan kita masing-masinglah yang paling berjasa, paling berhak menikmatinya. Orang berlomba-lomba mengeruk kekayaan sebanyak-banyaknya, halal atau haram tidak menjadi persoalan.

Perinsip yang digunakan yaitu aji mungpung. Mungpung punya kedudukan, mungpung ada kesempatan. Kapan lagi jikalau tidak sekarang? Akhirnya Nama Alloh hanya sekadar dipergunakan sebagai pelengkap bibir, sebagai tameng buat melindungi segala kebobrokan. Sungguh tragis, lisan berteriak perihal Alloh, demi Alloh, tetapi di kantong jas bertumpuk berkas-berkas ke maksiatan dan kedaluwarsa pengat keringat rakyat yang diperas. Hal menyerupai ini sudah dialami dan memuncak pada dikala insiden paling hitam dinegri ini yaitu 30 september 1965 bahkan hingga kini masih ada bekas-bekas yang tersisa dari insiden tersebut.

Itu semua yaitu merupakan ujian bagi kita semua. Dan kiprah kita kini ini ialah meneruskan impian para pendekar yaitu menuju “Baldatun Thoyyibatun wa Robbun Ghofur” Negara makmur dan dilindungi oleh Alloh SWT.

Untuk mencapai itu yaitu diharapkan adanya usaha dan pengorbanan. Mari kita arahkan Anak muda kita menjadi generasi penerus yang bertanggung jawab. Bagai mana nasib negara ini kita generasi muda sudah rusak, adat mereka sudah bejat, kepahlawanan sudah di salah artikan sehingga yang disebut pemberani yaitu Anak muda yang ruksak moralnya dan otoriter atau yang mati hina di rumah sakit setelah di suntik morfin dan menghisap ganja. Naudzu billahi min Dzaalik.

Rupanya pembicaraan dari aku ini mengenai perihal memperingati kemerdekaan Indonesia, demi mewujudkan rasa semangat jihad untuk mempertahankan kemerdekaan Negara tercinta ini,  di cukupkan sekian saja,

Kalau ada jarum patah,
jangan simpan di dalam hati
jikalau ada kata yang salah
Tolong! Jangan laporkan Saya pada polisi
Wassalamu’alaikum Wr Wb

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 12 :

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.

Yang terhormat Bapak …
Yang terhormat Bapak Ketua RW …
Yang terhormat Bapak Ketua RT …
Dan hadirin sekalian yang kami muliakan!

Merdeka! Merdeka! Merdeka!

Marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah Subhanahu wa Ta’ala, karena atas limpahan rahmat dan hidayah-Nya, pada hari ini kita semua masih diberi kesempatan untuk ikut serta memeriahkan acara hari ulang tahun kemerdekaan Negara Republik Indonesia yang ke-74 dalam keadaan sehat wal-afiat.

Selanjutnya dengan memperingati hari ulang tahun kemerdekaan kita ini kami berharap, semoga kita lebih meningkatkan rasa cinta kita pada tanah air dan bangsa, lebih meningkatkan daya juang kita terhadap bangsa dan negara, lebih mempersatukan jiwa dan segenap raga kita untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan bangsa.

Hadirin sekalian yang berbahagia, jika kita kenang perjuangan para pahlawan tahun 1945 maka terlintas jelas di benak kita bahwa semangat pertempuran yang bagaikan api yang tak kunjung padam itu begitu hebat menyatu pada jiwa para pahlawan pejuang 45 itu. Namun demikian tak kalah pentingnya dengan peran kita semua sekarang ini. Perjuangan belumlah selesai. Korban telah banyak berjatuhan maka marilah kita tingkatkan terus jiwa dan semangat 45, dengan mewujudkan jiwa pembangunan yang tangguh.

Kemakmuran berdasarkan keadilan dan Ketuhanan Yang Maha Esa belum kita capai. Untuk itu masih banyak yang harus kita perjuangkan. Kemerdekaan sebagai warisan para pahlawan kita ini hendaknya kita isi dengan jiwa pembangunan tanpa mengenal kepentingan pribadi terlebih dahulu.

Jiwa dan semangat 45 ialah jiwa dan semangat kebersamaan. Jiwa yang mendahulukan kepentingan bersama di atas kepentingan golongan. Untuk itu pula maka kita wajib menigkatkan rasa solidaritas berbangsa dan bernegara. Persatuan dan kesatuan nasional lebih di atas kepentingan kita secara pribadi dan golongan. Tumbuhkan terus semangat kebersamaan dalam memperjuangkan cita-cita kemerdekaan.

Insya Allah harapan bangsa Indonesia mencapai kehidupan yang adil dan makmur berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dengan ridla Allah Subhanahu wa Ta’ala tercapai dengan menumbuhkan semangat persatuan dan kesatuan nasional Indonesia. Amin, amin, yaa robbal ‘alamin.

Akhirul kata, selamat berjuang, selamat membangun bangsa dan negara kita tercinta ini.

Contoh Teks Pidato Kemerdekaan 13 :

Assalamualaikum Warakhmatullahi Wabarakkatuh

Yang Terhormat Kepada Bapak Kepala Sekolah SMKN 1 Karawang
Yang Terhormat Kepada Bapak Ibu Guru dan Staff Karyawan Sekolah SMKN 1 Karawang
Dan Tak lupa kepada teman teman yang saya sayangi SMKN 1 Karawang

Marilah kita panjatkan yang tiada hentinya-hentinya kepada sang pencipta alam raya ini, Allah SWT yang atas kuasanya mampu membuat kita bisa sampai disini tanpa kurang suatu apapun. Shalawat serta salam semoga selalu tercurah kepada nabi yang menjadi tauladan bagi seluruh umat islam dibumi ini. Nabi Muhammad SAW yang selalu dan selalu kita harapkan pertolongannya dihari akhir.

Teman teman yang saya cintai,
Hari ini negeri kita tercinta genap berusia … tahun, setelah negari kita mengalami perjuangan yang panjang dan akhirnya merdeka pada tanggal 17 agustus 1945. Tanggal yang akhirnya kita selalu peringati setiap tahunnya menjadi “hari kemerdekaan” negara kita tercinta ini. Dalam kesempatan yang baik dan tepat ini, semoga kita semakin menumbuhkan rasa cinta kita terhadap tanah air kelahiran kita, menumbuhkembangkan rasa patriotisme dan nasionalisme yang semakin hari semakin luntur dikalangan generasi muda.karena pada hakikatnya, generasi mudalah yang menjadi ujung tombak dari sebuah negara yang besar.

Masih ingat kah teman-teman semua tentang kalimat yang pernah dikatakan oleh presiden pertama RI yang berisi, “berikan aku 10 pemuda, maka akan aku guncangkan dunia”. Jika kita telisik lebih dalam makna dari kalimat tersebut sangatlah besar dan dalam. Betapa tidak, peranan pemuda yang tangguh mampu merubah bangsa yang dianggap sebelah mata hingga menjadi bangsa yang luar biasa. Itu semua hanya bisa dilakukan jika kita memiliki pemuda yang tagguh, pemberani, dan pantang menyerah serta memiliki karakter.

Namun sayangnya, saat ini peran pemuda di negara kita sangatlah minim bahkan tidak tampak. Jika kita kembali mengingat perjuangan para pahlawan kita dalam meraih kemerdekaan, sedih rasanya jika hasil dari perjuangan mereka tidak kita hargai. Betapa tidak, pemuda saat ini sangat memprihatinkan jauh kita memimpikan pemuda yang bisa menjadi pemimpin dan meneruskan tampuk kepemimpinan, pemuda saat ini lebih cenderung bersikap individualime, bersikap hedonisme (hura hura), terjadinya kejahatan asusila serta kriminal dan runtuhnya jiwa nasionalisme dikalangan generasi muda.

Jika kondisi pemuda kita saat ini seperti yang telah saya sebutkan sebelumnya, maka seharusnya kita menyadari bahwa sesungguhnya jiwa patriotisme dan nasionalisme harus ditumbuhkan sejak usia dini. Jangan remehkan tentang pentingnya memiliki jiwa patriot. Karna melalui sikap dan jiwa patriotisme secara tidak disadari hal itu menyumbang peran besar dalam menjalin kerukunan antar manusia, menghargai perbedaan suku, ras, dan kasta. 

Teman-teman yang saya sayangi,
Dengan kenyataan tentang kondisi pemuda dinegara kita saat ini, tak lantas membuat kita menjadi patah arang. Kita sebagai generasi muda yang menyadari kesalahan yang terjadi ini hendaknya menjadikan hal ini sebagai motivasi untuk mulai memperdulikan nasib bangsa kita kelak. Karena jika hal itu sudah mampu kita lakukan, akan lebih mudah untuk generasi-generasi mencontohnya.

Marilah kita generasi muda penerus bangsa Indonesia untuk bangkit kembali, memperjuangkan bangsa Indonesia, membangun negeri dan selalu bersemangat serta selalu optimis untuk memberikan yang terbaik kepada tanah ait tercinta. Hal tersebut dapat kita buktikan dengan belajar dan berprestasi, mengharumkan nama bangsa dikancah dunia, mengisi kemerdekaan Indonesia dengan sebaik baiknya serta dengan semangat nasionalisme dan patriotisme.

Para pemuda generasi bangsa,
Yakinilah jika kita mampu membuat perubahan untuk bangsa yang sangat kita cintai, dan senagt terus unutk kita semua. Selamat berjuang !!!!

Saya akhiri pidato ini, mohon maafkan segala kekurangan.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Berikan Bintang Untuk Penulis

%d blogger menyukai ini: